Search
Generic filters
Exact matches only

Olahraga Ringan Ini Ternyata Mampu Redakan Nyeri Haid

0
7 months ago

Seorang wanita yang sedang haid biasanya akan merasakan nyeri. Nyeri akan terasa mulai dari yang biasa saja sampai luar biasa sakitnya. Nyeri tersebut pastinya akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi nyeri pada saat haid, biasanya hal yang dilakukan adalah beristirahat yang cukup. Padahal seharusnya seorang wanita harus lebih aktif bergerak untuk meredakan rasa nyeri tersebut.

Selain beristirahat, ternyata olahraga juga mampu mengatasi nyeri saat haid. Menurut dokter Kelly, Gustavo Rossi, MD, yang merupakan dokter kandungan di Virginia Hospital Center, sebenarnya olahraga mampu mengurangi kram pada perut saat haid. Olahraga dapat membantu melepaskan beta-endorfin yang merupakan opioid internal. Selain itu, olahraga juga akan menghasilkan senyawa penghilang rasa sakit dan membantu membakar prostaglandin yang merupakan bahan kimia yang dilepaskan saat menstruasi sehingga menyebabkan kontraksi otot yang lebih cepat.

Ada beberapa rekomendasi olahraga ringan yang dapat dilakukan untuk meringankan nyeri pada saat haid seperti yoga. Beberapa gerakan yoga seperti pose cobra, cat, cow, dan fish dapat mengatasi kram berat saat haid. Selain itu yoga juga dapat merilekskan tubuh dan mencegah nyeri payudara serta kelelahan otot. Yoga dapat dilakukan dua hingga tiga hari menjelang menstruasi. Jika menstruasi tidak mengganggu aktivitas, olahraga yang satu ini tetap bisa dilakukan dengan menyesuaikan kemampuan tubuh.

Berjalan cepat juga dapat mengatasi nyeri saat haid. Saat berjalan cepat kita akan bernapas lebih cepat dan jantung berdetak lebih kencang. Di saat yang bersamaan, tubuh akan melepaskan endorfin yang dapat menangkal zat kimia yang membuat perut menjadi kram. Olahraga ringan lain yang dapat dilakukan seperti bersepeda. Saat bersepeda, tubuh dapat melepaskan hormon endorfin yang berfungsi sebagai pereda nyeri dan membakar prostaglandin yang memuat kontraksi otot perut terus terjadi.

Sebisa mungkin hindari obat pereda nyeri dan lakukan olahraga ringan untuk membantu meredakan nyeri pada saat haid. Olahraga yang rutin dilakukan tidak hanya meredakan nyeri saat haid tapi juga bisa menjaga kesehatan tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode