Search
Generic filters
Exact matches only

Olahraga yang Cocok untuk Penderita Asma

0
6 months ago

Jika dilakukan dengan benar, olahraga bisa dilakukan oleh siapapun. Olahraga juga terkadang bisa digunakan sebagai terapi untuk orang yang mempunyai penyakit tertentu. Penyakit asma contohnya. Penderita asma akan mudah merasa lelah dan sesak napas jika melakukan aktivitas yang berat.

Asma merupakan kondisi jangka panjang di mana penderitanya sewaktu-waktu dapat merasa sesak napas, sakit dada, napas berbunyi mengi, dan batuk. Asma disebabkan oleh pembengkakan dinding saluran udara (bronkus) yang membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru. Pemicunya bisa berbagai macam, mulai dari debu, bulu binatang, asap rokok, zat kimia seperti pada parfum, serbuk sari bunga, infeksi, hingga olahraga atau aktivitas fisik yang terlalu berat. Dengan kata lain, paru-paru penderita asma lebih sensitif terhadap banyak hal tersebut.

Walaupun begitu, penderita asma masih bisa melakukan olahraga. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan terlebih dahulu. Tidak semua olahraga bisa dilakukan oleh penderita asma. Olahraga yang salah justru dapat memicu serangan asma. Kenapa bisa begitu? Karena, ketika bernapas normal, udara yang masuk dihangatkan dan dilembapkan oleh saluran hidung. Tapi ketika olahraga, orang-orang cenderung bernapas melalui mulut. Udara dingin dan kering yang dihirup pun tidak dihangatkan. Nah, otot di sekitar saluran udara menjadi sensitif terhadap perubahan suhu dan kelembapan tersebut. Akibatnya, otot-otot di saluran napas berkontraksi dan jalan napas menjadi sempit.

Penderita asma disarankan jangan melakukan olahraga yang terlalu berat, jangan juga olahraga dengan durasi yang lama, dan juga jangan melakukan olahraga yang terlalu banyak menggunakan tenaga.

Nih, beberapa olahraga yang cocok buat kalian yang menderita asma!

  1. Berenang

Banyak dokter yang mengatakan kalau berenang justru merupakan terapi buat para penderita asma. Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan jika kalian berenang dengan rutin, justru dapat membantu meringankan gejala asma. Hal ini dikarenakan berenang dapat melatih  sistem pernapasan, memperbaiki kerja otot pernapasan, dan meningkatkan toleransi terhadap tindakan yang bisa memicu serangan asma. Selain itu, berenang juga dapat melonggarkan lendir yang terkumpul di paru-paru.

  1. Jalan Santai

Jalan santai juga merupakan olahraga yang cocok untuk penderita asma. Karena olahraga ini sangat ringan untuk dilakukan. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang berjalan tiga kali seminggu selama 12 minggu dapat meningkatkan stamina dan membuat tubuh tetap bugar tanpa risiko asma kambuh. Kalian bisa meluangkan waktu selama 30 menit sehari untuk berjalan kaki, misalnya berjalan kaki di taman atau berjalan disekitaran komplek perumahan tempat kalian tinggal.

  1. Yoga

Olahraga terakhir yang cocok buat penderita asma adalah yoga. Latihan pernapasan sangat penting dilakukan oleh pengidap asma karena dapat mengaktifkan lebih banyak area di paru-paru. Oleh sebab itu, yoga sangat cocok untuk penderita asma karena melatih pernapasan adalah kunci dalam melakukan olahraga ini. Menurut sebuah studi, orang yang berlatih hatha yoga selama dua setengah jam per minggu selama 10 minggu, dapat mengurangi ketergantungannya pada obat asma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode