Search
Generic filters
Exact matches only

Pancaroba Menyapa, Beberapa Penyakit Langganan Pun Juga Menyapa

0
7 months ago

Menurut BMKG pada bulan April ini seharusnya sudah memasuki musim kemarau di Indonesia. Akan tetapi, awal musim kemarau akan bervariatif di wilayah-wilayah Indonesia. Hujan pun masih mengguyur beberapa wilayah Indonesia. Cuaca menjadi tidak menentu dari yang semula panas dan matahari pun terik bisa tiba-tiba mendung kemudian hujan. Biasanya peralihan ini disebut dengan musim pancaroba. Pada musim pancaroba, cuaca memang menjadi tidak menentu dan dapat membuat tubuh rentan terkena penyakit.

Berikut beberapa penyakit yang perlu diwaspadai ketika musim pancaroba mulai menyapa.

  • Flu

Orang-orang dengan sistem imun yang lemah akan mudah terserang penyakit ini di musim pancaroba. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ini menyerang sistem pernapasan. Sebenarnya tidak sulit untuk mengatasinya, hanya perlu makan teratur dan istirahat yang cukup. Bila perlu konsumsi vitamin agar memperkuat sistem imun untuk melawan virus.

  • Sesak nafas

Perubahan cuaca yang tidak akan mempengaruhi udara sekitar juga. Hal ini memungkinan seseorang menjadi sesak napas, apalagi bagi mereka yang mempunyai riwayat asma.

  • Gangguan pencernaan

Cuaca tidak menentu membuat bakteri tersebar di mana-mana. Bakteri inilah yang menyebabkan gangguan pencernaan. Oleh karena itu, perlu menjaga kebersihan diri, mencuci tangan dengan sabun, membersihkan rumah secara berkala, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan perbanyak minum air putih.

  • Panas dalam

Faktor internal dan eksternal menjadi penyebab timbulnya panas dalam. Faktor internal tentunya karena sistem imun lemah dan faktor eksternal karena perubahan cuaca yang tidak menentu.

  • Nyeri sendi

Penurunan tekanan udara yang tiba-tiba dapat menyebabkan nyeri pada sendi. Tekanan udara yang normal akan menahan jaringan sehingga tidak mengembang. Sementara tekanan udara yang rendah akan menghilangkan penahan jaringan yang akan membuat jaringan di sekitar persendian mengembang. Begitulah nyeri pada sendi terjadi.

Oleh karena itu agar terhindar dari beberapa penyakit yang sering berkunjung di pancaroba di atas ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu selalu siap sedia jaket, jas hujan, atau payung ketika bepergian karena perubahan cuaca yang ekstrim kemungkinan terjadi secara tiba-tiba, mengkonsumsi makanan yang bergizi, berolahraga yang teratur, dan apabila perlu konsumsi vitamin tambahan. Kuncinya adalah menjaga tubuh supaya sistem imun tidak melemah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode