Search
Generic filters
Exact matches only

Patrick Star si Bintang Laut – Starfish

0
5 months ago

Apakah kalian pernah Cartoon yang  berjudul “SpongeBob SquarePants”? Di era tahun 2000an cartoon ini sangatlah populer. Salah satu tokoh dari  kartun tersebut yang paling terkenal adalah Patrick Star si Bintang laut.  Patrick Star si bintang laut adalah karakter sampingan berulang di serial SpongeBob SquarePants. Sesuai namanya, starfish merupakan nama lain  bintang laut yang diambil dari bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Diberi nama bintang laut karena faktanya hewan laut ini memiliki bentuk seperti bintang, namun tidak berarti semua bintang laut memiliki bentuk seperti bintang. Sebut saja The Cushion Starfish, jenis bintang laut ini memiliki bentuk seperti gumpalan berbentuk bulat.

Bentuknya yang lucu dan warna yang unik tidak jarang jika hewan invertebrata yang termasuk dalam filum Echinodermata, dan kelas Asteroidea ini sering kali dijadikan hewan peliharaan di akuarium.  Keberadaan bintang laut di akuarium tentunya berperan sebagai pembersih kotoran ikan lain pada akuarium. Karena umumnya hewan ini memiliki jenis makanan yang sama dengan ikan sapu-sapu yaitu kotoran ikan, yang membedakan adalah bintang laut hidup di air laut sedangkan Ikan sapu-sapu di air tawar. Oleh karena itu kedua hewan ini disebut sebagai hewan destrivor.

Bintang laut merupakan hewan Invertebrata atau Avertebrata yang artinya mereka tidak memiliki tulang belakang. Jadi tidak heran jika tekstur tubuh pada bintang laut adalah sedikit lunak. Bintang laut merupakan hewan simetri radial dan umumnya memiliki lima atau lebih lengan. Hal paling unik dari bintang laut adalah jika merasa terancam oleh serangan predator, maka untuk mempertahankan diri bintang laut tidak jarang harus kehilangan lengannya. Hal ini tentu sangat beresiko bagi bintang laut, mengingat beberapa organ vital berada di lengannya. Untungnya, bintang laut bisa “menumbuhkan” kembali lengan mereka meski itu membutuhkan waktu lama bahkan hingga mencapai 1 tahun.

Bintang laut tidak memiliki rangka yang mampu membantu pergerakan. Rangka mereka berfungsi sebagai perlindungan. Mereka bergerak dengan menggunakan sistem vaskular air. Mereka bergantung kepada kaki tabung yang terletak di bagian ventral lengan bintang ular, yang berfungsi untuk pergerakan dan membantu makan. Bintang laut adalah hewan invertebrata yang bergerak bebas dengan menggunakan kaki-kaki tabungnya, merayap sepanjang dasar laut dalam kecepatan yang cukup rendah untuk kebanyakan spesies. Menurut beberapa penelitian internasional, ternyata hewan laut yang memiliki warna yang sangat bervariasi dan lucu ini ternyata tidak memiliki otak. Percayakah kalian akan hal itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode