Search
Generic filters
Exact matches only

Pelajari Protokol Kesehatan Untuk Pencegahan Penularan COVID19

0
6 months ago

Saat ini kasus COVID-19 Indonesia semakin meningkat. Begitu pula dengan kekhawatiran masyarakat akan kondisi kesehatan tubuhnya yang juga meningkat. Kepanikan yang melanda membuat lonjakan kunjungan ke rumah sakit terkait gejala corona juga meningkat.

Untuk mengatasi kepanikan tersebut serta menekan jumlah penyebaran virus corona, pemerintah telah mengeluarkan beberapa protokol penanganan corona. Protokol tersebut di antaranya protokol kesehatan, protokol komunikasi, protokol pengawasan terbatas, protokol area institusi terbatas, dan protokol area public.

Salah satu protokol yang dapat dilakukan secara mandiri yaitu protokol kesehatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah mengeluarkan aturan mengenai penanganan COVID-19 yang tertuang dalam protokol kesehatan. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat tidak serta merta datang ke rumah sakit untuk memastikan kesehatan tubuhnya sedangkan saat di rumah sakit bisa jadi seseorang justru menularkan dan tertular virus ini.

Jika merasa tidak sehat. Bagi masyarakat yang merasa sedang tidak sehat dengan gejala:

  • Demam dengan suhu 380 C atau lebih
  • Batuk
  • Pilek

Segeralah istirahat yang cukup di rumah dan minum obat bila perlu. Jika tidak tahu harus minum obat apa bisa hubungi dokter secara online untuk mendapatkan panduan konsumsi obat. Jika gejala yang dirasakan semakin berat dengan disertai sesak napas, segera datangi fasilitas kesehatan masyarakat terdekat. Gunakan masker, perhatikan etika batuk dan bersin, dan hindari menggunakan moda transportasi massal.

Saat mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, petugas medis akan melakukan screening suspect COVID19 dengan dua kemungkinan hasil:

  • Jika memenuhi kriteria suspect COVID19, maka pasien akan dirujuk ke salah satu rumah sakit rujukan yang akan melakukan penanganan COVID19
  • Jika tidak memenuhi kriteria suspect COVID19, maka pasien akan dipulangkan atau dilakukan penanganan, tergantung hasil diagnosis dokter.

 

Jika dinyatakan suspect COVID19. Pasien yang dinyatakan suspect COVID19 akan diantar ke Rumah Sakit rujukan dan didampingi petugas medis yang sudah menggunakan alat pelindung diri. Setelah tiba di Rumah Sakit rujukan, pasien akan menjalani pemeriksaan lanjutan dengan menggunakan sampel air liur dan akan dirawat di ruang khusus isolasi. Sampel air liur yang diambil akan dikirim ke laboratorium yang telah ditunjuk pemerintah. Jika hasil pemeriksaan laboratorium menunjukan pasien positif, maka:

  • Pasien akan dinyatakan sebagai penderita COVID19
  • Akan dilakukan pengambilan sampel setiap hari
  • Akan menjalani isolasi di rumah sakit hingga pemeriksaan sampel menunjukan hasil negatif sebanyak dua kali berturut-turut.

Namun, jika hasil pemeriksaan negatif, maka pasien akan ditangani sesuai dengan penyebab penyakit.

Jika sehat tetapi ada kemungkinan terpapar. Apabila Anda baru saja melakukan perjalanan ke luar negeri atau baru saja melakukan kontak dengan pasien yang positif COVID19 dalam 14 hari terakhir pastikan apakah mengalami gejala-gejala seperti demam dengan suhu lebih dari 380 C, mengalami batuk, pilek, sesak napas. Jika anda tidak merasakan gejala apapun, anda tidak perlu memeriksakan diri ke rumah sakit. Segera lakukan isolasi mandiri dan hindari kontak dengan orang lain. Jika anda merasakan gejala-gejala tersebut, segera hubungi 119 Ext. 9 atau periksakan diri ke Rumah Sakit Rujukan di daerah anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode