Search
Generic filters
Exact matches only

Pelatih-Pelatih yang Sukses Melatih di Persepakbolaan Indonesia

0
6 months ago

Keberhasilan sebuah tim sepak bola dalam meraih gelar juara tak lepas dari sosok yang mengarsiteki tim tersebut, yaitu seorang pelatih. Sudah banyak pelatih-pelatih hebat bermunculan di dunia sepak bola yang mampu membawa sebuah tim meraih prestasi. Sebut saja ada nama-nama seperti Pep Guardiola, Carlo Ancelotti, Jose Mourinho, dan beberapa pelatih hebat lainnya.

Di persepakbolaan Indonesia pun banyak pelatih-pelatih hebat yang berkarir di Indonesia. Sejak kompetisi liga di Indonesia dimulai di era Perserikatan, terus dilanjut era Galatama, dan kemudian sekarang era Liga Indonesia, banyak pelatih-pelatih hebat yang bermunculan. Namun, hanya sebagian dari mereka yang bisa dikatakan sukses saat melatih di Indonesia.

Penasaran siapakah para pelatih hebat tersebut? Yuk, langsung aja disimak pembahasannya

  1. Jacksen F. Tiago

Jacksen F. Tiago bisa dikatakan pelatih paling sukses yang pernah berkarir di Indonesia sepanjang sejarah persepakbolaan Indonesia.

Sepanjang karir kepelatihannya di Indonesia, pelatih yang biasa disapa coach Jacksen ini telah berhasil meraih gelar juara Liga Indonesia sebanyak 4 kali! Raihan tersebut dia raih sekali saat melatih Persebaya Surabaya pada tahun 1999 dan 3 kali juara saat melatih Persipura Jayapura, yaitu pada tahun 2008, 2010, dan tahun 2013.

Selain menjadi pelatih tersukses sepanjang sejarah persepakbolaan Indonesia, coach Jacksen juga sukses saat berkarir menjadi pemain sepak bola di Indonesia. Dirinya merupakan mesin gol pada masa dia bermain dulu dan kerap mengisi daftar pemuncak topskor. coach Jacksen pun pernah meraih gelar juara liga saat menjadi pemain dulu, yaitu saat membela Persebaya pada musim 1997/1998.

  1. Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan merupakan salah satu pelatih terbaik selanjutnya pada daftar ini yang sukses melatih di persepakbolaan Indonesia.

Bisa di bilang pelatih yang biasa disapa coach RD ini merupakan pelatih lokal paling sukses sepanjang sejarah persepakbolaan Indonesia. Bagaimana tidak? Coach RD total telah meraih 5 gelar juara sepanjang karir kepelatihannya di Indonesia, di antaranya adalah sekali juara liga bersama Persipura Jayapura pada tahun 2005, sekali juara liga bersama Sriwijaya FC pada tahun 2007, dan 3 kali juara Copa Indonesia bersama Sriwijaya pada tahun 2007, 2008, dan tahun 2010.

  1. Stefano Cugurra

Pelatih terbaik yang sukses melatih di Indonesia selanjutnya pada daftar ini adalah Stefano Cugurra. Pelatih yang biasa disapa Teco ini mampu meraih gelar juara 2 kali hanya dari 3 musim keikutsertaannya!

Teco tergolong baru di kancah persepakbolaan Indonesia. Teco baru mulai melatih di Indonesia pada tahun 2017 saat membesut Persija Jakarta. Semusim berselang saat melatih tim yang sama dia dapat meraih gelar juara liga buat Persija. Teco mengakhir puasa gelar liga Persija yang telah berlangsung selama 17 tahun lamanya!

Pada tahun 2019 Teco lalu memutuskan pindah ke Bali United. Di tim ini dia kembali bisa meraih back to back gelar juara Liga Indonesia!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode