Search
Generic filters
Exact matches only

Pemain-Pemain Muda Termahal yang Gagal Bersinar

0
6 months ago

Banyak cara untuk sebuah klub sepak bola dalam memperkuat tim mereka. Ada yang mempromosikan pemain muda mereka ke tim senior, ada yang meminjam pemain dari klub lain, ada juga yang melakukan investasi masa depan dengan membeli pemain muda yang potensial.

Namun, para pemain muda potensial tersebut biasanya sudah dipagari dengan klausul pelepasan tinggi oleh klub pemiliknya, sehingga membuat para klub yang menginginkan pemain ini terpaksa harus membayar klausul pelepasan pemain tersebut yang harganya tidak murah. Hal ini tentu saja demi memperkuat tim itu sendiri.

Akan tetapi, tidak banyak pemain muda yang ditransfer dengan harga tinggi tersebut yang justru sukses di klub barunya. kedatangan pemain baru dengan gelontoran dana melimpah tersebut justru malah menghadirkan tekanan besar untuk sang pemain. Tak jarang beban dan ekspektasi besar seperti yang mereka terima dapat membuyarkan fokus para pemain muda ini dalam bermain. Akhirnya para pemain tersebut malah tidak banyak melakukan perubahan ke permainan tim, ada pula yang justru malah jadi penghangat bangku cadangan.

Inilah daftar pemain muda dengan bandrol mahal tersebut yang justru malah gagal bersinar di klub barunya.

  1. Ousmane Dembele

Pada 2017 lalu, Barcelona kehilangan mega bintangnya, Neymar Jr. setelah klub kaya raya asal Perancis membayar klausul pelepasan Neymar sebesar 222 Juta Euro. Hal ini lantas membuat Barcelona mencari pemain yang sepadan untuk menggantikan kekosongan yang ditinggalkan oleh Neymar.

Barcelona lalu membeli wonderkid baru. Barcelona menebus Dembele dari Dortmund bandrol sebesar 125 juta Euro, setelah pemain tersebut menunjukkan performa yang menawan saat membela Dortmund. Namun sayang, sejak tiga tahun berlalu Dembele belum bisa menunjukkan performa maksimal karena dia justru malah berkutat dengan cedera. Hal ini diakui sendiri oleh Dembele bahwa cedera yang terus-terusan kambuh tersebut akibat gaya hidupnya yang jelek. Dia mengakui sering bermain game sampai begadang.

Selama tiga musim membela Barcelona, Dembele hanya mencatatkan 74 penampilan di seluruh kompetisi dengan torehan hanya 19 gol dan 17 assists. Sebuah statistik yang jelek untuk pemain dengan bandrol harga yang mahal.

  1. Malcom

Di tahun yang sama saat Barcelona menebus Dembele dari Dortmund, Barcelona juga membeli wonderkid dengan harga mahal lainnya, yaitu Malcom. Malcom ditebus Barcelona dari Bordeaux dengan bandrol sebesar 41 juta Euro. Malcom saat itu digadang-gadang sebagai salah satu winger terbaik di masa depan.

Namun naas, Malcom justru sulit untuk bermain secara reguler dan hanya menjadi penghangat bangku cadangan. Malcom hanya bertahan satu musim di Barcelona dengan mencatatkan 24 penampilan di seluruh kompetisi dengan sumbangan hanya 4 gol dan 2 asissts. Malcom lalu ditansfer Barcelona ke raksasa Rusia, Zenit St, Petersburg semusim berselang.

  1. Nicolas Pepe

Pemain muda dengan bandrol harga yang mahal yang justru gagal bersinal selanjutnya adalah Nicolas Pepe. Arsenal berani menebus Pepe dari Lille dengan bandrol harga sebesar 80 juta Euro setelah Pepe tampil menawan pada musim terakhirnya di Lille dengan torehan 22 gol dan 11 assists hanya dari 38 penampilan diseluruh kompetisi.

Namun sayang, sejauh musim 2019/2020 ini berlansung Pepe hanya menorehkan total 6 gol dan 8 asissts dari 32 penampilannya bersama Arsenal. Catatan yang buruk untuk seorang pemain yang dibandrol harga tinggi. Walaupun begitu, pelatih Arsenal, Arteta tampaknya masih memberikan kesempatan kepada Pepe untuk menunjukkan performa gemilangnya seperti saat dia membela Lille.

  1. Luka Jovic

Demi mengisi kehilangan besar pasca hengkangnya Cristiano Ronaldo dari Real Madrid dan demi mencari calon pengganti Karim Benzema yang mulai memasuki usia senja, Madrid terus mencari sosok penyerang haus gol layaknya Ronaldo dan Benzema. Sosok tersebut lantas datang pada diri Luka Jovic.

Tak main-main, Jovic langsung ditebus Madrid dari Eintracht Frankfurt dengan bandrol harga sebesar 70 juta Euro. Hal ini dikarekan pada musim sebelumnya Jovic tampil sangat apik dengan torehan 17 gol dan 6 asissts dari 32 penampilan saat membela Frankfurt. Akan tetapi, pemain yang diproyeksikan sebagai calon pengganti Benzema ini justru malah sering menjadi penghangat bangku cadangan Madrid. Jovic kesulitan menembus tim utama dengan hanya menorehkan 2 gol dan 1 asissts saja dari 24 pertandingan yang sebagian besar penampilannya hanya sebagai pemain penggati.

Di saat yang bersamaan, Benzema yang sudah berusia 32 tahun ini malah sedang tampil panas-panasnya bersama Madrid dengan torehan 19 gol dan 9 assists dari 36 pertandingan diseluruh kompetisi!

Akan tetapi, sama seperti Pepe di Arsenal, masih terlalu dini untuk menilai sukses atau tidaknya Jovic saat membela Real Madrid. Jovic dikontrak madrid dengan kontrak jangka panjang yang berarti Jovic masih mempunyai banyak waktu bersama Madrid untuk menunjukkan performa dia yang sesungguhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode