Search
Generic filters
Exact matches only

Pengertian tentang bahasa pemrograman

0
6 months ago

Pada era digital seperti sekarang pasti banyak orang menggunakan aplikasi atau web yang ada di smartphone dan di perangkat lainnya untuk menunjang pekerjaan sampai kehidupan. Aplikasi yang saat ini sering digunakan salah satunya seperti ojek online untuk menggunakan jasanya mengantar dari satu tempat ke tempat lain, memesan makanan tanpa perlu datang ke restoran. Nah aplikasi tersebut dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman merupakan sebuah perintah yang berfungsi untuk menjalankan komputer supaya bisa berjalan sesuai dengan yang diperintahkan. Fungsi dari bahasa pemrograman yaitu untuk memerintahkan perangkat komputer supaya dapat mengolah data sesuai yang diinginkan pembuatnya. Dari bahasa pemrograman bisa tercipta sebuah aplikasi maupun program khusus.

Ada tiga jenis tingkatan dari bahasa pemrograman itu sendiri. Tingkat pertama ada bahasa tingkat rendah dimana bahasa tingkat rendah tersebut bisa dibilang merupakan bahasa yang jauh sekali dari bahasa manusia sehingga susah dimengerti, contohnya yaitu bahasa Assembly. Tingkatan kedua ada bahasa tingkat menengah. Bahasa tingkat menengah bisa dibilang perpaduan antara bahasa tingkat rendah dan tingkat tinggi sehingga bahasa tingkat menengah lebih dapat dimengerti dari bahasa tingkat rendah. Dan tingkatan yang terakhir ada bahasa tingkat tinggi, bahasa tingkat tinggi bisa dibilang bahasa pemrograman yang sudah mendekati bahasa manusia sehingga mudah untuk dimengerti. Contoh bahasa tingkat tinggi seperti Pascal, PHP, Basic dan Java.

Dengan tingkatan bahasa pemrograman yang sudah mendekati bahasa manusia, maka dapat semakin agak mudah untuk membuat program atau aplikasi dari pada menggunakan bahasa pemrograman yang tingkatannya rendah sebab agak sulit untuk dimengerti. Itulah pembahasan tentang bahasa pemrograman sampai dengan tingkatannya, semoga pembahasan tersebut bisa bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode