Penghargaan film Indonesia yang digelar setiap tahun

0 6 months ago

Indonesia memiliki banyak penghargaan untuk sineas terbaik setiap tahunnya. Hal ini dilakukan agar perfilman Indonesia tetap selalu maju dan selalu memberikan warna baru pada setiap karya. Berikut penghargaan film Indonesia yang selalu ditunggu setiap sineas film.

1. Festival Film Indonesia

Festival Film Indonesia adalah ajang penghargaan tertinggi bagi dunia perfilman di Indonesia. Ajang film ini dimulai diselenggarakan sejak tahun 1955, berlanjut tahun 1960 dan 1967, sebelum akhirnya mulai diselenggarakan secara teratur pada tahun 1973. Pada tahun 1979, sistem unggulan (nominasi) mulai dipergunakan. FFI sempat terhenti pada tahun 1992 dan baru diselenggarakan kembali tahun 2004.

Setiap penyelenggaraan FFI dibagikan dalam beberapa kategori yaitu Film Bioskop Terbaik (Piala Citra Utama), Penyutradaraan Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Skenario Asli Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik, Tata Sinematografi Terbaik, Penyuntingan Terbaik, Tata Artistik Terbaik, Tata Suara Terbaik, Tata Musik Terbaik, Tata Efek Visual Terbaik, Tata Rias Terbaik, Tata Busana Terbaik, Lagu Tema Terbaik. Kategori lain yang pernah ada yaitu Skenario Terbaik (sampai tahun 2013), Cerita Asli Terbaik (sampai tahun 2013), Pemeran Anak Terbaik (ditiadakan mulai tahun 2019.

2. Indonesia Movie Actors Awards

Indonesia Movie Actors Awards (IMAA) adalah penghargaan perfilman Indonesia yang dimulai sejak tahun 2007. Yang menjadi perbedaan dengan ajang penghargaan lain yaitu hanya focus memberikan penghargaan di bidang akting para aktor dan aktris perfilman Indonesia. Ajang ini diselenggarakan di saluran televisi RCTI. Kategori pemenang penghargaan berdasarkan pada kriteria Terbaik yaitu hasil pilihan dewan juri dan Terfavorit berdasarkan hasil polling SMS pemirsa.

3. Festival Film Bandung

Festival Film Bandung diselenggarakan di kota Bandung sebagai bentuk apresiasi perfilman oleh komunitas Forum Film Bandung. FFB diadakan sejak tahun 1987 hingga saat ini. FFB tetap mengadakan dengan memilih Film Televisi dan Film Asing dari Asia atau Barat. FFb memberikan gelar Terpuji di setiap penghargaan. Terdapat pemenang yang lebih dari satu atau lebih disebut Pemenang Ganda.

4. Piala Maya

Piala Maya dimulai pada tahun 2012 oleh penggemar film online Indonesia, yang didukung oleh akun twitter FILM_Indonesia. Mengikuti konsep penghargaan yang sudah ada, nominasi dan penghargaan yang diberikan untuk produksi lokal terbaik setiap tahun. Nominasi dan pemenang penghargaan dipilih oleh dewan juri yang terdiri dari kritikus film dan pembuat film Indonesia termasuk sutradara, aktor dan aktris. Kategori penghargaan dibagi menjadi tiga bagian besar yaitu Kategori Teknis Film Panjang, Kategori Pemeranan, Kategori Non-Bioskop.

5. Festival Film Dokumenter

Festival Film Dokumenter adalah festival film dokumenter yang dilaksanakan setiap tahun di Yogyakarta sejak tahun 2002. Festival ini pertama di Asia Tenggara, yang mengundang penonton dan pengunjung untuk belajar tentang genre dokumenter. Penghargaan yang diberikan yaitu Film Dokumenter Indonesia Terbaik Kategori Panjang, Film Dokumenter Indonesia Terbaik Kategori Pendek, Film Dokumenter Indonesia Terbaik Kategori Pelajar, Film Dokumenter Terfavorit Pilihan Juri Komunal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *