Search
Generic filters
Exact matches only

Penghasil Telur Puyuh – Burung Puyuh

0
6 months ago

Yuk main tebak-tebakan, Telur apakah yang mempunyai ciri ciri berukuran kecil seperti buah anggur, berwarna putih dengan corak polkadot hitam dan memiliki protein yang sangat tinggi? Sebagian besar dari kalian pasti memiliki jawaban yang benar. Ya, telur puyuh namanya. Sesuai namanya, telur puyuh dihasilkan oleh indukan burung puyuh dan telur puyuh memiliki rasanya yang lezat dan jadi salah satu makanan favorit dan bergizi.

Burung puyuh adalah unggas daratan yang kecil namun gemuk dan keberadaan nya tersebar luas di Indonesia.  Burung puyuh merupakan burung pemakan biji-bijian, serangga dan mangsa berukuran kecil lainnya. Di habitat aslinya yaitu hutan, burung ini mendirikan sarangnya di permukaan tanah. Burung ini juga memiliki kemampuan untuk lari dan terbang dengan kecepatan tinggi namun sayangnya hanya mampu dengan jarak tempuh yang pendek. Namun ada beberapa spesies yang mampu terbang untuk jarak yang jauh seperti puyuh jepang adalah migratori. Puyuh jepang diternakkan terutama karena telurnya. Karena semua yang dihasilkan burung ini dapat dimanfaatkan, seperti halnya kotorannya yang dapat dijadikan pupuk, dagingnya sebagai bahan utama masakan yang lezat, dan telurnya pun memiliki gizi yang tinggi bila dikonsumsi. Tak jarang jika banyak yang menyebutkan burung puyuh memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi dan beberapa jenis puyuh diternakkan dalam jumlah besar.

Burung ini sangat terkenal di dunia kuliner. Karena keluarga burung puyuh memiliki tekstur daging  yang empuk dan rasa yang luar biasa enak, maka burung ini sering kali dijadikan beberapa hidangan masakan khas beberapa negara.  Burung puyuh sering dimasak ala Prancis. Daging burung puyuh juga biasa ditemukan pada masakan Malta, Portugis, dan India. Burung puyuh umumnya dimakan bersama dengan tulangnya karena mudah dikunyah dan karena ukurannya yang kecil sangat kecil dan lunak. Telur burung puyuh juga merupakan makanan yang lezat. Seringkali dimakan mentah bersama sushi dan umum ditemukan pada menu makan siang Jepang. Di Indonesia telur burung ini seringkali hanya direbus dan diberi bumbu, namun di Kolombia, telur burung puyuh rebus digunakan untuk pelengkap hot dog dan hamburger. Di Filipina, telur burung puyuh yang direbus dan dicelup dengan saus lalu digoreng dengan banyak minyak adalah jajanan lokal yang populer. Apakah kalian pernah mencoba hidangan atau masakan berbahan dasar daging burung puyuh atau telur burung puyuh? Jika belum, yuk mencobanya, dijamin enak dan lezat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode