Search
Generic filters
Exact matches only

Penyakit Keturunan dan Apa Saja Jenis yang Diwariskan

0
7 months ago

Pernah mendengar penyakit keturunan? Ya, penyakit yang satu ini tidak dapat dicegah kehadirannya. Penyakit keturunan berasal dari mutasi atau adanya perubahan sifat genetik dari salah satu atau kedua orang tua kepada anak. Penyakit keturunan sebagian besar dipengaruhi oleh perubahan genetik. Hal tersebut terjadi karena gen diwariskan dari orang tua ke anak sehingga perubahan pada DNA dalam sebuah gen yang diwariskan.

Perubahan DNA juga dapat terjadi secara spontan dan muncul pertama kalinya meskipun  orang tuanya tidak mengalami perubahan DNA tersebut. Hal tersebut disebut sebagai mutasi baru yang menjadi asal dari munculnya penyakit keturunan. Selanjutnya mari kita ketahui beberapa penyakit keturunan yang umum terjadi.

Diabetes tipe 1 atau diabetes mellitus. Penyakit yang satu ini ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah akibat insulin di dalam tubuh yang tidak bisa bekerja secara optimal. Diabetes mellitus berpotensi diderita oleh mereka yang memiliki human leukocyte antigen (HLA), dimana antigen merupakan warisan dari orang tua.

Hemofilia. Hemofilia merupakan salah satu penyakit turunan yang terjadi karena kurangnya faktor pembeku darah 8 atau 9.  Hemofilia umumnya diderita oleh laki-laki karena perintah pembekuan darah terdapat di dalam kromosom X, sedangkan wanita umumnya bersifat sebagai carrier saja. Penyakit ini bisa terjadi sejak usia anak-anak.

Buta warna. Penyakit yang satu ini menyerang penglihatan yang membuat penderitanya tidak mampu melihat perbedaan antara beberapa warna. Sebagian besar penyakit ini terjadi karena adanya faktor genetik. Penyakit ini diwariskan dari mutasi genetik kromosom X. Mutasi yang terjadi dapat menyebabkan buta warna jika sedikitnya ada 19 kromosom berbeda dan 56 gen berbeda. Buta warna bisa muncul sejak usia anak-anak atau ketika dewasa.

Thalasemia. Penyakit ini sama seperti hemofilia yang termasuk penyakit keturunan berupa kelainan darah. Kelainan darah yang terjadi karena hemoglobin darah mudah pecah. Penyakit ini diwariskan jika kedua orang tuanya menjadi carrier (pembawa sifat). Akibatnya, penderita thalasemia akan terlihat pucat dan harus selalu melakukan transfusi darah secara teratur agar kadar hemoglobin tetap normal.

Asma. Asma merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Meskipun asma bisa disebabkan oleh faktor non-genetik, penyakit ini juga masuk ke dalam daftar penyakit keturunan. Disinyalir bahwa faktor ibu lebih kuat untuk menurunkan penyakit asma kepada anak daripada bapak. Namun jika asma mendapatkan penanganan yang baik, maka asma bisa sembuh.

Kebotakan. Dalam penelitiannya Dr. Angela Christiano, professor dermatologi dan genetika di Columbia University Medical Center ternyata berhasil menemukan gen yang menyebabkan kebotakan. Gen yang ditemukan yaitu APCDD1 yang menyebabkan folikel rambut menyusut sehingga mengakibatkan kebotakan. Orang tua yang mengalami kebotakan akan sangat berpotensi menurunkan setidaknya ke salah satu anak.

Albino. Penyakit kelainan pada pigmen kulit ini terjadi karena terganggunya produksi melanin. Albino terjadi jika ada gen albino dari salah satu atau kedua orang tuanya.

Alergi. Alergi merupakan salah satu penyakit keturunan. Seorang anak yang memiliki orang tua yang memiliki riwayat alergi, makan anak tersebut memiliki resiko mengalami alergi sebanyak 70%. Namun resiko tersebut bisa berkurang jika yang memiliki riwayat alergi hanya salah satu saja.

Alzheimer.Alzheimer dapat membuat penderitanya mengalami gangguan daya ingat akut karena adanya gangguan pada fungsi otak. Jika dalam keluarga ada yang menderita Alzheimer, kemungkinan besar keturunannya juga akan menderita penyakit yang sama.

Penyakit keturunan memang tidak bisa dicegah, namun bisa ditekan resikonya dan gejala-gejala yang terjadi bisa dikurangi apabila mendapatkan penanganan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode