Search
Generic filters
Exact matches only

Penyebab Bintitan Karena Mengintip, Mitos atau Fakta?

0
8 months ago

Mitos sering kali dikaitkan dengan masalah kesehatan. Entah untuk alasan menakuti-nakuti atau mungkin karena terbatasnya pengetahuan orang zaman dulu. Tetapi nyatanya banyak yang mempercayai mitos. Contohnya saja sampai sekarang masih banyak yang percaya kalau mata bintitan itu disebabkan oleh aktivitas mengintip orang yang sedang mandi. Padahal itu hanyalah mitos karena tidak ada hubungan mengintip dengan mata bintitan. Tidak percaya? Ini penyebab sebenarnya mata bintitan.

Bintitan merupakan sebuah penyakit dimana akan muncul bintil menyerupai jerawat atau bisul yang muncul di tepi kelopak mata. Bintitan biasanya akan muncul di salah satu kelopak mata saja dan bisa muncul pada kelopak mata bagian dalam. Pada umumnya penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus. Bakteri ini umumnya hidup di kulit dan dapat menyumbat kelenjar minyak di kelopak mata, sehingga menimbulkan peradangan. Bintitan juga bisa terjadi karena adanya kuman dan kulit mati yang terperangkap di ujung kelopak mata.

Gejala awal yang muncul biasanya muncul benjolan merah seperti bisul pada kelopak mata. Mata juga akan terasa berair dan merah, kelopak mata membengkak dan nyeri serta munculnya kotoran mata di sekeliling kelopak mata. Jika gejala tersebut mulai terasa lalu apa yang harus dilakukan?

Sebenarnya mata bintitan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-3 minggu, terutama saat bintitan telah pecah dan mengeluarkan nanah. Tetapi sangat tidak diperbolehkan untuk memecahkan benjolan bintitan karena bisa menyebabkan infeksi yang lebih parah. Cukup biarkan saja sampai bintitan pecah dengan sendirinya. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman, selalu jaga kebersihan mata dan sekitar kelopak mata. Lakukan kompres mata dengan air hangat sebanyak 3-6 kali dalam sehari untuk mengurangi rasa nyeri dan mempercepat penyembuhan, jangan menggunakan lensa kontak dulu dan konsumsi obat pereda sakit jika memang dibutuhkan.

Jadi bintitan terjadi bukan karena mengintip seseorang, tapi memang adanya infeksi yang terjadi di sekitar kelopak mata. Tangani bintitan dengan baik agar cepat sembuh. Jika bintitan semakin nyeri dan tidak kunjung sembuh segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik dan segera lekas sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode