Search
Generic filters
Exact matches only

Penyerang Berposisi Nomor 9 Terbaik dalam 5 Tahun Terakhir

0
6 months ago

Setiap klub sepak bola akan memiliki sosok penyerang berposisi nomor 9 yang berfungsi sebagai mesin gol mereka. Para penyerang ini merupakan ujung tombak tim tersebut. Semua serangan yang dilakukan oleh sebuah tim akan ditargetkan ke para pemain ini agar para pemain tersebut bisa mencetak gol untuk tim mereka. Para pemain ini identik sebagai pencetak gol andal.

Semakin berkembangnya sepak bola dari masa ke masa, peran para penyerang berposisi nomor 9 ini tidak hanya bertugas sebagai pencetak gol saja. Para penyerang ini mulai memiliki peran yang berbeda tergantung taktik sebuah tim. Contohnya tim nasional Perancis yang memakai Oliver Giroud di posisi nomor sebagai pemantul bola agar para pemain lainnya bisa memanfaatkan peran Giroud tersebut dengan mencetak gol. Ada juga tim nasional Spanyol pada beberapa tahun lalu yang memasang penyerang nomor 9 sebagai false nine, atau penyerang palsu.

Walaupun begitu, dalam 5 tahun terakhir ini masih banyak penyerang berposisi nomor 9 yang masih sering mencetak gol. Ada beberapa penyerang berposisi nomor 9 terbaik dalam 5 tahun terakhir. Penasaran siapa saja para pemain tersebut? Langsung aja nih disimak!

  1. Luis Suarez

Luis Suarez begitu handal dalam mencetak gol. Hampir setiap pertandingan Suarez selalu menendang bola tepat sasaran ke arah gawang lawan dan kerap menghasilkan gol dari tendangan-tendangan tersebut. Dari posisi manapun Suarez bisa mencetak gol. Itulah sebabnya Suarez berjuluk “El Pistolore” yang artinya pistol. Suarez layaknya pistol yang selalu siap menembakkan peluru-peluru ke arah gawang lawan.

Produktifitas gol dari pemain yang dikenal sangat cerdik ini pun sangat baik. Selama membela Barcelona saja Suarez telah mencetak 9 gol dan 108 assists dari 270 pertandingan di seluruh kompetisi.

Sepanjang karir sepak bolanya dari mulai saat membela FC Groningen, Ajax Amsterdam, Liverpool, lalu Barcelona Suarez total telah mencetak 399 gol dan 230 assists dari 599 pertandingan di seluruh kompetisi.

Di tim nasional Uruguay sendiri Luis Suarez total telah menyumbangkan gol sebanyak 58 dan assits sebanyak 31 dari 110 pertandingan yang telah dijalaninya di seluruh kompetisi.

  1. Robert Lewandowski

Robert Lewandowski bisa dibilang bahwa penyerang ini merupakan penyerang nomor 9 terbaik dunia saat ini. Pemain ini benar-benar pemain nomor 9 sejati. Betapa tidak? Sejak musim 2015/16 hingga sekarang Lewandowski setidak mencetak 40 gol atau lebih di seluruh kompetisi! Catatan yang sangat mengerikan bukan? Lewandowski penyerang nomor 9 paling produktif yang pernah ada saat ini.

Sepanjang karir sepak bolanya sejak mulai membela Znicz Pruszkow, Lech Poznan, Borussia Dortmund hingga sekarang Bayern Munich, total Lewandowski telah membukukan 396 gol dan 115 assits dari 577 pertandingan di seluruh kompetisi.

Sementara itu saat membela tim nasional Polandia Robert Lewandowski telah mencatatkan 61 gol dan 21 assits dari 112 pertandingan di seluruh kompetisi.

  1. Roberto Firmino

Roberto Firmino memang berposisi sebagai penyerang bermonor 9 di timnya saat ini Liverpool. Akan tetapi produktifitasnya tidak terlalu bagus, sangat jauh berbeda dari penyerang sebelumnya pada daftar ini. Tengok saja statistiknya, selama membela Liverpool Firmino hanya mencetak total 77 gol dan 59 assists dari 235 pertandingan. Statistik yang buruk kan buat seorang penyerang berposisi nomor 9? Akan tetapi, Firmino memiliki peran yang sangat jauh berbeda dari Suarez dan Lewandowski.

Di timnya saat ini Liverpool, Firmino meman berposisi sebagai penyerang tengah nomor 9. Namun, perannya untuk mencetak gol bukanlah fokus utamanya. Oleh pelatihnya Jurgen Klopp, Firmino diubah perannya bukan untuk mencetak gol saja, akan tetapi Firmino juga berperan sebagai pemain yang mengkreasikan peluang dan juga sebagai pemain pertahanan awal timnya. Dialah pemain pertama yang berkewajiban memutus serangan lawan. Firmino memiliki statistik tekel dan intercept yang tinggi. Selama berkarir di Premier League bersama Liverpool, Firmino sudah melepaskan 248 tekel dan 71 intercept. Statistik yang tinggi untuk seorang penyerang.

Firmino merupakan pemain fital yang hampir selalu bermain saat Liverpool bermain. Hal ini dikarenakan tidak ada pemain lain di Liverpool yang bisa menggantikan perannya.

Itulah tadi daftar penyerang-penyerang bernomor 9 terbaik dalam 5 tahun terakhir ini. Adakah di antara penyerang-penyerang tersebut yang merupakan pemain idola kalian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode