Search
Generic filters
Exact matches only

Perbedaan Gaya Hidup Generasi Masa Sekarang dengan Generasi Dulu

0
8 months ago

Tidak dapat dipungkiri kalau gaya hidup generasi muda masa saat ini sangat berbeda dengan gaya hidup generasi muda dulu. Tentu saja ini tidak aneh karena cara manusia bersosialisasi terus berkembang baik dari segi budaya, pola pikir maupun gaya hidup. Generasi muda saat ini, dengan adanya dampak globalisasi yang memudahkan orang untuk menerima informasi dari berbagai macam negara, generasi muda iniĀ  telah melihat dan mempelajari sesuatu hal baru baik dari segi budaya, pola pikir dan gaya hidup.

Akibat kemajuan teknologi dapat membuat kita bisa melihat perubahan dan perbedaan pada masanya. Kemajuan teknologi dapat membuat generasi muda saat ini mudah untuk mendapatkan informasi dengan menggunakan gadget saja, sehingga lebih praktis dan efisien. Lalu bagaimana perbedaan antara generasi muda saat ini dibandigkan generasi muda yang dulu. Berikut beberapa perbedaan yang akan dibahas dari berbagai segiĀ  :

Dalam cara mencari informasi. Dalam mencari informasi generasi muda dulu mengandalkan buku atau koran yang biasa didapatkan dari perpustakaan. Untuk mengerjakan tugas rumah pelajar zaman dulu berbondong-bondong untuk mendapatkan informasi atau jawaban dari kumpulan buku di perpustakaan. Berbeda dengan generasi muda saat ini. Mereka dapat dengan mudah mengandalkan internet. Hanya dengan gadget yang terhubung dengan internet, mereka dapat dengan mudah menemukan jawaban dari tugas yang diberikan sehingga dapat mempersingkat waktu. Hal ini juga salah satu alasan mengapa generasi muda saat ini tidak bisa lepas dari gadget dan internet.

Komunikasi. Generasi muda dulu cenderung untuk berkomunikasi secara langsung atau jika terkendala jarak maka mereka akan berkomunikasi melalui surat. Surat-menyurat ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan terkadang tidak dapat diprediksi kapan akan sampai di tujuan. Seiring perkembangan zaman, cara berkomunikasi menjadi lebih mudah. Generasi sekarang terbiasa untuk berkomunikasi secara tidak langsuang atau melalui pesan atau chat dengan menggunakan fitur-fitur dari gadget yang mereka miliki. Generasi muda tentu ada alasan mengapa menggunakan pesan atau chat, mereka memilih cara berkomunikasi ini karena cepat bahkan dapat dikatakan real time dan bisa berkomunikasi dengan beberapa orang di saat bersamaan.

Penyelesaian masalah. Generasi muda saat ini lebih tertarik untuk melihat kehidupan orang lain di media sosial, sehingga untuk menyelesaikan masalah mereka lebih sering mengunggah cerita atau kehidupannya di media sosial. Hal ini berbanding terbalik dengan anak generasi muda dulu yang lebih memilih untuk merenungkan dan menyelesaikan masalah yang dimiliki sendiri atau jika membutuhkan masukan mereka akan bercerita dengan sahabat dan orang terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode