Search
Generic filters
Exact matches only

Perbedaan Olahraga Baseball dan Softball

0
6 months ago

Ada berbagai olahraga yang ada di dunia ini, salah satunya adalah olahraga baseball. Tentu kalian familiar dengan olahraga baseball ini. Olahraga ini menggunakan olahraga yang paling populer setelah basket di negara Amerika Serikat. Olahraga ini menggunakan bola, sarung tangan, dan tongkal pemukul sebagai alatnya. Tapi, tahukah kalian kalau ada olahraga yang mirip banget sama baseball? Olahraga tersebut adalah softball.

Mau tau nggak perbedaan di antara olahraga baseball dan olahraga softball? Yuk, langsung aja disimak penjelasannya!

Olahraga baseball dan softball sangat lah mirip, namun ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Olahraga baseball ditemukan pada sekitar tahun 1880an oleh seorang insinyur pertambangan bernama Abner Doubleday. Olahraga ini selalu dimainkan pada hari sabtu pada tahun tersebut.

Sementara itu olahraga softball ini merupakan perkembangan dari olahraga baseball. Softball diciptakan pada tahun 1887 oleh George Hancock di kota Chicago.

Bentuk dari lapangan yang digunakan oleh kedua olahraga ini apabila dilihat secara sekilas, tidak akan terlihat perbedaannya. Namun sebenarnya jika diperhatikan secara detail ukuran dari lapangan olahraga baseball sedikit lebih besar dibandingkan dengan olahraga softball.

Bola yang digunakan pun memiliki ukuran yang berbeda. Bola pada olahraga softball memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan olahraga baseball. Bola pada softball memiliki keliling 12 inci, sementara pada bola baseball memiliki keliling 9 inci. Jumlah inning atau babak pada olahraga softball hanya dimainkan sebanyak 7 inning, sementara itu pada olahraga baseball jumlah inning yang dimainkan adalah sebanyak 9 inning.

Dalam aturan mainnya pun kedua olahraga ini berbeda. Pada olahraga baseball, kalian akan mengenal yang namanya aturan stealing atau dalam istilah sini disebut dengan mencuri base. Apabila batter atau pemukul sudah sukses mencapai base 1, 2 atau 3, otomatis untuk gilian pemukul selanjutnya runner yang tengah berposisi di base bisa dan boleh meninggalkan base sejauh 3 langkah saja.

Setelah itu, runner bisa berlari ke base berikutnya dengan keadaan bola sudah lepas dari lemparan si pemukul atau pitcher. Aturan tersebut hanya berlaku pada olahraga baseball, sementara untuk aturan olahraga softball sendiri, runner tak diperbolehkan untuk meninggalkan base 1 inci pun. Stealing pada olahraga softball hanya akan mengandalkan kemampuan dan kecepatan lari sang runner. Peraturan ini berlaku disebabkan jarak antar base di softball yang memang termasuk lebih pendek ketimbang base di baseball.

Pada olahraga baseball biasanya hanya bisa dimainkan oleh laki-laki, sementara pada olahraga softball baik laki-laki maupun perempuan juga bisa memainkan olahraga ini.

Itulah tadi beberapa perbedaan dasar dari olahraga baseball dan olahraga softball. Kalian lebih tertarik untuk memainkan olahraga yang mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode