Search
Generic filters
Exact matches only

Pernah Bertanya Apa Manfaat Penutup Mata Saat Tidur

0
8 months ago

Tidur merupakan kebutuhan yang sangat pentung untuk tubuh kita. Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan tubuh. Mulai dari gangguan ringan sampai yang berat sampai menggangu rutinitas. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga kualitas tidur agar kesehatan tetap terjaga. Salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk membuat tidur lebih nyenyak adalah dengan menggunakan penutup mata saat tidur. Ini dipercaya dapat menahan sinar yang dapat mengganggu atau mengurangi kualitas tidur. Tetap apakah hal itu benar? Mari kita mencari tahu.

Ada penelitian yang dilakukan di sebuah rumah sakit di Iran dengan tujuan untuk mengetahui kualitas tidur pasien jantung saat menggunakan penutup mata ketika tidur. Penelitian ini melibatkan 60 pasien rawat inap penyakit jantung yang dirawat di Coronary Care Unit. Penutup mata yang digunakan dalam penelitian ini dirancang khusus untuk menahan cahaya yang mungkin masuk ke mata pasien. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan penutu mata saat tidur terbukti dapat memperbaiki kualitas tidur pasien bahkan yang biasanya membutuhkan obat  agar dapat tidur. Tidak hanya itu, penelitian lain dari National Sleep Foundation juga membuktikan jika tidur di ruangan gelap dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Penutup mata dapat menjadi solusi bagi mereka yang takut tidur dalam ruangan gelap. Saat tidur, penutup mata akan berfungsi untuk menjaga mata dari cahaya. Saat penglihatan gelap, maka tubuh akan merespon kegelapan tersebut sehingga akan membuat rasa kantuk itu datang. Tidur menggunakan penutup mata juga membuat tidur seseorang lebih minim distraksi atau gangguan dan membuat level melatonin yang berfungsi untuk menjaga keteraturan metabolisme tubuh lebih tinggi.

Tubuh juga memiliki ritme biologis. Ritme biologis yang dimaksud adalah ketika sudah waktunya tidur, tapi ada banyak cahaya dan suasana masih sangat riuh, ritme tubuh akan merasa bahwa ini waktunya terjaga. Sedangkan ketika suasana gelap dan tenang, ritme tubuh akan mengenal bahwa itu adalah waktunya tidur. Untuk mendapatkan suasana gelap, penutup mata bisa menjadi alternatif sehingga tubuh akan mengetahui kapan harus tidur dan kapan harus bangun.

Sudah mengetahui fungsi penutup mata ketika tidur? Sekarang waktunya mencoba untuk mengenakan alat tersebut untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode