Search
Generic filters
Exact matches only

Pertandingan Paling Bergengsi dan Paling Panas di Dunia Sepak Bola

0
6 months ago

Sepak bola selalu menyajikan pertandingan seru dan menarik. Tak jarang sebuah pertandingan sepak bola dapat berlangsung panas dan keras selama 90 menit. Sepak bola itu sendiri pun menjadi saksi persaingan yang berkembang antar klub dan menjadi rivalitas sendiri sepanjang sejarah klub-klub tersebut berdiri.

Dalam beberapa kasus dimana rivalitas antar klub tersebut mereka bawa ke level yang lebih tinggi dan bahkan dibawa keluar lapangan. Rivalitas antar klub ini dapat terjadi karena beberapa alasan, ada yang karena prestasi, kultur suatu bangsa, sejarah, dan lokasi geografis. Hal ini membuat fans dari klub yang bertanding berpotensi turut bertarung melawan fans klub rival mereka.

Ada beberapa rivalitas antar klub yang sangat bergengsi, panas, dan paling sengit di sepanjang sejarah dunia sepak bola. Pertandingan yang mempertemukan rivalitas antar klub ini selalu menarik untuk disaksikan. Berikut ini adalah pertandingan-pertandingan paling bergengsi dan paling panas yang selalu terjadi di sepanjang sejarah dunia sepak bola.

  1. North West Derby

North West Derby merupakan salah satu pertandingan paling seru dan paling panas di sepanjang sejarah dunia persepabolaan Inggris, dan bahkan di dunia. Pertandingan ini sangat sayang untuk kalian lewatkan! Pertandingan ini mempertemukan tim asal kota pelabuhan Inggris, Liverpool melawan tim asal kota Manchester, Manchester United.

Pemain-pemain yang pernah bermain untuk ke dua klub ini bahkan kerap mengutarakan kebenciannya terhadap lawan mereka. Derby ini terbentuk karena kedua klub ini merupakan dua klub tersukses di Inggris. Manchester United unggul dengan 20 gelar liganya (Liverpool mempunyai 18 gelar liga), dan Liverpool unggul dengan 6 trofi Liga Championnya (Manchester Uniter mempunyai 3 trofi Liga Champion). Pertandingan ini juga merupakan pertandingan yang banyak menghasilkan kartu merah setelah pertandingan antara Liverpool melawan Everton.

Kedua klub ini total sudah saling sikut sebanyak 205 kali di seluruh kompetisi dengan Manchester United menang sebanyak 81 kali atas Liverpool dan Liverpool menang 67 kali atas Manchester United, kedua klub ini juga imbang sebanyak 57 kali.

  1. Superclasico

Pertandingan terpanas selanjutnya mempertemuka dua klub raksasa asal Argentina, River Plate melawan Boca Junior. Rivalitas antar kedua klub ini terbentuk karena adanya kesenjangan sosial berupa kaum atas dan kaum bawah. Boca Junior mewakili masyarakat kaum bawah dengan fans yang dikenal merupakan para imigran dan River Plate mewakili masyarakat kaum atas yang merupakan masyarakat dengan ekonomi menengah keatas.

Persaingan dan rivalitas antar kedua klub ini bahkan acap kali sampai merembet keluar lapangan. Final Copa Libertadores pada tahun 2018 silam bahkan sempat mengalami beberapa penundaan karena serangan-serangan yang dilakukan para fans mereka.

Bahkan pada tahun 2004, salah satu koran dari Inggris berpendapat bahwa pertandingan derby antara River Plate melawan Boca Junior masuk dalam 50 pertandingan olahraga yang wajib kalian tonton sebelum kalian mati!

River Plate dan Boca Junior total sudah saling bertemu 250 kali diseluruh kompetisi dengan River Plate menang sebanyak 83 kali atas Boca Junior dan Boca Junior menang sebanyak 89 kali atas River Plate, kedua klub ini juga imbang sebanyak 78 kali.

  1. El Clasico

Membahas pertandingan paling bergengsi dan paling panas rasanya tidak afdhol jika tidak membahas El Clasico. Pertandingan ini merupakan pertandingan yang paling ditunggu dan paling menyedot mata seluruh penikmat dan penggemar sepak bola dunia. Pertandingan ini mempertemukan antara klub Barcelona dan klub Real Madrid. Pertandingan ini juga merupakan pertandingan paling panas tertua di dunia. Umur rivalitas antar klub ini sudah 1 abad lebih.

Selain alasan karena kedua klub ini merupakan dua klub paling sukses di Spanyol dan bahkan dunia, rivalitas ini terjadi juga karena adanya unsur kultur, bangsa, dan politik yang ada diantara kedua klub ini. Hal ini dikarenakan kedua klub yang mempresentasi dua bangsa paling besar di Spanyol, Barcelona yang mewakili bangsa Catalonia dan Real Madrid yang mewakili bangsa ibu kota.

El Clasio sudah berlangsung sebanyak 277 kali di seluruh kompetisi baik itu pertandingan resmi dan persahabatan dengan Barcelona menang sebanyak 115 kali dan Real Madrid menang sebanyak 100 kali, kedua klub ini juga imbang sebanyak 62 kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode