Search
Generic filters
Exact matches only

Pohon Identik Natal – Cemara

0
6 months ago

Setiap bulan desember kalian tentu sering mendengar lagu “We wish you a merry Christmas, We wish you a merry Christmas, We wish you a merry Christmas and a happy new year” bukan?. Ya, tentu saja itu adalah momen momen dimana hari natal akan tiba. Natal adalah momen istimewa bagi umat Kristiani. Selaiknya hari raya, mereka akan mempersiapkan segala sesuatu untuk merayakan Natal. Nah, salah satu yang identik dengan perayaan Natal adalah pohon Natal yang biasanya tersedia di setiap gereja, rumah, bahkan pusat-pusat perbelanjaan. Tapi tahukah kalian mengapa pohon cemara sering kali dijadikan icon sebagai pohon natal?. Bahkan pohon ini sudah dijadikan budaya natal di hampir seluruh belahan dunia. Pohon ini selalu dihiasi dengan pernak-pernik ataupun mainan serta gantungan yang berbeda dan tentunya hal ini adalah bentuk kebebasan bagi sang pemilik pohon cemara tersebut. pohon cemara seringkali dijadikan icon natal karena merupakan budaya dari eropa. Faktanya, karena di Eropa hari natal bertepatan dengan musim dingin dan cuaca yang dingin tersebut disertai salju yang membuat daun-daun dari pepohonan berguguran. Hanya pohon cemaralah yang selalu terlihat hijau daunnya. Dari situ, pohon cemara melambangkan evergreen atau kehidupan yang kekal.

 

Pohon cemara merupakan jenis tumbuhan atau tanaman hijau yang dapat tumbuh di segala musim baik di musim panas kemarau, hujan, ataupun bersalju. Pohon cemara sebagai memiliki ranting yang beruas pada dahan besar kelihatan seperti jarum, dan buahnya mirip runjung kecil. Namun kenyataannya pepohonan ini bukan termasuk Gymnospermae, sehingga mempunyai bunga, baik jantan maupun betina. Bunga betinanya tampak seperti berkas rambut, kecil dan kemerah-merahan. Terdapat 75 spesies pohon cemara yang tersebar di seluruh dunia, ada yang ketinggiannya hanya 1 meter tapi ada juga yang ketinggian nya mampu mencapai belasan bahkan puluhan meter.

 

Jika kalian menyukai pohon cemara, cemara merupakan tanaman yang mudah dirawat dan memiliki daun yang tidak mudah kering atau rontok. Bahkan, tanaman ini mampu hidup hingga umur ratusan tahun. Tapi siapa sangka, tanaman yang memiliki bentuk yang sangat indah dan menyejukan mata ini memiliki peran penting di dunia kesehatan. Faktanya, aroma yang menyegarkan dari pohon cemara dapat mengatasi Bronchitis (penyakit pada paru-paru) dan batuk. Aromanya yang khas memberi efek menyembuhkan batuk dan bronchitis. Minyak atsiri yang diolah dari pohon cemara ampuh mengatasi keluhan paru-paru, seperti batuk, sinus, hingga bronchitis. Cukup teteskan minyak cemara ke air hangat, lalu hirup uap dari minyak tersebut sehingga seringkali dijadikan pengharum ruangan. Bahkan buah yang berukuran kecil yang dihasilkan pohon cemara ternyata mengandung senyawa vitamin C. Kandungan vitamin C ini tidak kalah atau setara dengan sumber vitamin C lain seperti jeruk maupun jambu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode