Search
Generic filters
Exact matches only

Pole Dance, Olahraga yang Sedang Populer Dikalangan Wanita

0
6 months ago

Apakah kalian tau pole dance? Olahraga ini mulai marak berkembang di Indonesia. Olahraga pole dance juga saat ini sedang digandruingi oleh para artis cantik. Sebut saja Prilly Latuconsina, Nikita Willy, Jennifer Bachdim, Tyas Mirasih, Jessica Iscandar, hingga artis asal Amerika Serikat Jennifer Lopez dan Shakira menggemari olahraga yang menggunakan tiang sebagai medianya ini.

Sejarah menuliskan bahwa pole dance sudah ada dari sekitar 800 tahun yang lalu, tepatnya di Maharashtra, India. Saat itu, pole dance adalah bagian dari metode latihan para pegulat. Namun alih-alih tiang yang digunakan terbuat dari besi, tiang pole dancing ‘lawas’ yang dikenal dengan sebutan ‘Mallakhamb’ tersebut berbahan kayu dengan diameter kurang lebih 55 sentimeter.

Pole dance adalah olahraga yang memadukan antara gerakan senam, tari, dan juga akrobat. Anggapan banyak orang bahwa pole dancing adalah nama lain dari tari striptis didasari fakta bahwa olahraga ini juga menggunakan tiang untuk tempat bertumpunya tubuh. Pole dance saat ini masuk ke dalam cabang olahraga senam dengan induk organisasi bernama International Pole Dance Fitness Association (IPDFA).

Majalah kenamaan seperti Vogue memberikan predikat olahraga pole dance sebagai “It-Fitness Trend” alias tren olahraga masa kini.

Cat Lee, pelatih kebugaran yang sedang mengajar di École de Pole, London mengatakan bahwa olahraga pole dance ini sangat ideal karena dapat membentuk otot tubuh dengan cepat!

“Pole dance adalah olahraga seluruh tubuh, tubuh bagian atas, baik untuk otot perut, bokong dan seluruh bagian kaki, plus Anda akan melatih jantung, keseimbangan, fleksibilitas dan mobilitas tubuh. Ini adalah olahraga yang sempurna,” kata dia.

Saat mengangkat tubuh di tiang membuat tulang belakang dan seluruh bagian lengan serta otot pundak bekerja. Menurut Cat, langkah terbaik untuk mengencangkan otot adalah dengan mengangkat tubuh tanpa alat bantu.

“Olahraga ini menggunakan kedua kaki, lengan, dan otot perut dan mengharuskan Anda memeras semuanya dengan benar agar berhasil. Ini sedikit menyakitkan ketika Anda mulai, tetapi Anda terbiasa dengan cepat,” katanya.

Saat naik ke atas tiang, dibutuhkan cengkraman tangan yang kuat dan lutut harus mengunci tiang.

“Otot perut menyeimbangkan pusat dan lenganmu, pundak otot punggung mengangkat tubuh di tiang,” kata dia.

Sementara itu, olahraga lain membutuhkan waktu beberapa bulan untuk menurunkan berat badan, namun pole dance bisa melakukannya hanya dalam waktu beberapa minggu saja.

“Apa yang membuatnya lebih baik daripada jenis olahraga lainnya, adalah betapa asyiknya melakukan hal-hal yang sulit atau melelahkan di gym,” Pungkasnya.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, olahraga pole dance juga memiliki manfaat lainnya buat kalian para wanita.

Pole dance dapat bermanfaat dikemudian hari ketika kalian memutuskan untuk ingin memiliki anak. Hal ini dikarenakan saat kalian melakukan pole dancing, tubuh kalian akan mengembangkan otot punggung dan perut yang sangat kuat, sehingga membantu meminimalkan nyeri punggung selama kehamilan dan benar-benar membantu seseorang melahirkan lebih lancar dan tidak terlalu menyakitkan.

Selain itu, melakukan gerakan pole dance diketahui meningkatkan mobilitas sendi dan membantu secara signifikan dalam mengurangi risiko osteoporosis pada wanita.

Pole dance adalah bentuk latihan yang sangat aman.  Karena faktanya, dengan pole dance seseorang terus-menerus memperkuat otot-otot di tangan dengan memegang tiang, sehingga cedera regangan berulang yang umum seperti sindrom carpal tunnel juga bisa dihindari.

Pole dance juga diketahui setara seperti dengan latihan aerobik sedang hingga intens, dan karena semua otot terlibat pada suatu titik, olahraga secara teratur ini dapat meningkatkan aliran darah dan jantung. Ini sangat penting bagi wanita yang menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan menghabiskan berjam-jam duduk di kursi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode