Search
Generic filters
Exact matches only

Polusi Udara, Mari Kurangi Dengan Tindakan-tindakan Ini

0
7 months ago

Polusi udara bisa terjadi tidak hanya di luar ruangan, namun juga bisa terjadi di dalam ruangan. World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa polusi udara baik di dalam maupun di luar ruangan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, terutama pada pernapasan. Polusi udara terjadi apabila udara tersebut mengandung partikel dan gas racun di dalamnya. Beberapa partikel yang mempengaruhi kualitas udara adalah gas buangan kendaraan, asap buangan pabrik, debu, hingga spora lumut.

Menjaga kualitas udara agar tetap baik merupakan keharusan bagi setiap individu. Hal ini dapat dilakukan bukan hanya dengan menanam lebih banyak pohon. Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan agar kualitas udara tetap terjaga, yaitu:

  • Meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi

Penggunaan kendaraan pribadi bisa diminimalisir dengan beralih menggunakan transportasi umum. Karena kendaraan merupakan penyumbang terbesar dari polusi udara. Apabila jumlah orang yang membawa kendaraan pribadi berkurang maka akan otomatis membantu menjaga kualitas udara agar tetap baik.

Jika tidak memungkinkan untuk menggunakan transportasi umum, alternatif lain adalah menggunakan kendaraan pribadi yang ramah lingkungan, sepeti green car atau sepeda kayu bahkan berjalan kaki jika memungkinkan.

  • Hindari untuk membakar sampah

Terapkan konsep reduce, reuse, dan recycle. Jangan langsung membakarnya, karena akan menghasilkan gas buangan yang membuat kualitas udara semakin buruk.

Asap rokok, merupakan salah satu faktor yang memperburuk kualitas udara khususnya di ruangan. Selain tidak baik untuk kesehatan asap rokok juga menjadikan udara menjadi pekat dan buruk untuk dihirup.

Apabila kualitas udara yang buruk ini dibiarkan dan tidak adanya kesadaran bagi masing-masing untuk menjaga kualitas udara maka akan menimbulkan beberapa penyakit bagi siapapun yang terus-menerus menghirup udara buruk ini, yaitu stroke, penyakit jantung, penyakit paru obstruktif kronis, infeksi saluran pernapasan akut, bahkan kanker paru-paru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode