Search
Generic filters
Exact matches only

Pro Kontra Online Class (Kelas Daring)

0
8 months ago

Online class (kelas daring) menjadi semakin populer di tengah mewabahnya penyebaran COVID-19 yang semakin meningkat tiap harinya. Mahasiswa yang semua kelas tatap muka dengan dosen beralih menjadi pertemuan daring atau kelas daring sesuai himbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing dengan tujuan meminimalisir penyebaran COVID-19 dan memutus mata rantai penyebaran. Kelas daring ini pun memberikan tantangan tersendiri bagi dosen maupun mahasiswa. Biasanya pada saat kelas daring dosen akan memberikan materi dan tugas sebagai evaluasi hasil pembelajaran. Di sisi lain, mahasiswa merasa keberatan jika tugas terlalu banyak tetapi materi hanya berupa file, tidak ada penjelasan seperti pada saat kelas konvensional atau tatap muka. Tetapi walaupun dosen tidak menjelaskan materi mahasiswa masih dapat mengembangkan wawasannya melalui berbagai situs layanan pendidikan terkait.

Kelas daring ini pun dinilai membuat mahasiswa menjadi lebih aktif bertanya dan berdiskusi daripada pada saat kelas secara konvensional atau tatap muka secara langsung. Selain itu ada beberapa kelebihan dari kelas daring ini, yaitu sebagai berikut.

  • Efisien secara waktu dan biaya

Waktu dan biaya lebih efisien karena tidak perlu ke kampus, kelas daring bisa dilakukan di rumah. Hal ini sangat berarti terutama bagi mereka yang tinggal di kota besar dan sering terkendala oleh kemacetan.

  • Kemudahan dalam mengakses materi

Materi yang diberikan bisa dengan mudah diakses karena berupa file yang bisa diunduh. Selain itu diskusi di kelas daring pun bisa direkam untuk dipelajari kembali.

  • Waktu menjadi lebih fleksibel

Waktu belajar menjadi lebih fleksibel dan tidak harus sesuai dengan jadwal di kelas konvensional atau tatap muka.

Selain memiliki kelebihan, kelas daring ini juga memiliki kekurangan, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Sangat bergantung pada internet dan teknologi

Jika jaringan lambat maka akan menghambat proses pembelajaran. Selain itu juga apabila teknologi yang digunakan seperti gawai tidak mendukung maka pembelajaran juga akan terhambat.

  • Sangat bergantung pada sikap disiplin para mahasiswa

Pembelajaran bisa menjadi tidak kondusif karena tingkat kedisiplinan mahasiswa di kelas daring ini menjadi lebih rendah.

Salah satu kelemahan dalam kelas daring ini adalah kurangnya interaksi sosial. Ini sangat relevan untuk mahasiswa yang harus memaksimalkan dalam bersosialisasi.

Akan tetapi, di tengah pandemi COVID-19 seperti ini, kelas daring adalah pilihan terbaik selain karena kelebihannya juga demi keselamatan jiwa banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode