Search
Generic filters
Exact matches only

Pulau Mistis Tak Berpenghuni Di Timur Pantai Sumatera Yang Memiliki Sejuta Keindahan

0
6 months ago

Ada salah satu pulau yang terletak di timur pantai Sumatera yang keberadaannya belum diketahui oleh banyak orang. Pulau Maspari,  begitulah orang menyebutnya. Pulau ini masuk di Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Pulau ini memiliki hamparan pasir putih dan batuan eksotis di sekelilingnya. Butuh waktu sekitar 6 jam perjalanan air dari Kota Palembang untuk bisa menikmati keindahan pulau ini. Memang cukup jauh tetapi membuat keindahan alamnya benar-benar belum tercemar oleh kehadiran manusia.

Pulau Maspari sendiri memang tidak berpenghuni, di sana hanya ada dua bangunan utama berupa mes milik Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Selatan serta Menara Suar untuk memandu kapal-kapal yang melintas. Ketidak berpenghuni nya inilah sering dikait-kaitkan dengan angker dan misterius oleh masyarakat, seperti.

  • Pulau yang memiliki ekor dan hidup

Pulau Maspari mempunyai daratan pasir yang terlihat seperti ekor. Pulau ini dikatakan hidup karena ekor tersebut bisa berubah-ubah letaknya. Namun ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini, pulau ini berada pada pertemuan tiga arus, yaitu arus dari Selat Bangka di sebelah utara, arus Selat Sunda di sebelah selatan dan barat daya, serta arus Laut Jawa dan Kepulauan Seribu dari sisi Tenggara dan Timur yang membuat daratan pasir ini terdorong dan berubah-ubah setiap waktu.

  • Pulau berhantu

Cerita ini sebenarnya berasal dari cerita turun temurun dari masyarakat sekitar. Mereka meyakini ada makhluk penunggu pulau yang sering disembah oleh orang-orang untuk memperoleh kekayaan dan kejayaan. Hal ini diperkuat dengan adanya tiga makam yang berada di bawah pohon besar dan sumur yang tidak pernah kering meskipun kemarau panjang sedang melanda.

  • Dataran berbunyi

Di tengah-tengah pulau ini ada dataran luas yang banyak tumbuhan ilalangnya. Apabila ada yang berjalan sambil menghentakkan kaki di atasnya maka akan terdengar jelas bunyi “dum dum dum”. Hal ini terjadi karena dataran tersebut sebenarnya berongga, namun cukup sulit untuk memasuki rongga tersebut karena posisinya yang bersemak belukar dan gelap, serta kemungkinan ada banyak ular berbisa di dalamnya.

Di balik keindahannya tidak dapat dipungkiri bahwa pulau ini menyimpan cerita mistis di baliknya. Namun pulau ini tetap memiliki potensi wisata alam yang mempesona dan memang direncanakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Selatan untuk dikembangkan sebagai pariwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode