Search
Generic filters
Exact matches only

Puspa Langka dari Bengkulu Nan Elok

0
6 months ago

Bunga padma raksasa atau yang lebih dikenal dengan Rafflesia Arnoldii merupakan salah satu dari bunga yang dapat mewakili karakteristik sebuah bangsa dan negara atau disebut dengan bunga nasional. Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 1 Tahun 1993. Disebutkan bahwa bunga padma raksasa (Rafflesia Arnoldii) sebagai puspa langka. Bunga ini pertama ditemukan di hutan hujan tropis Bengkulu lebih tepatnya di dekat Sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan pada tahun 1818 oleh seorang pemandu kerja bernama Dr. Joseph Arnold. Pemandu kerja ini saat itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles, hal ini juga menjadi latar belakang penamaan bunga tersebut. Selain Rafflesia Arnoldii bunga ini juga biasa disebut bunga bangkai karena mengeluarkan bau busuk seperti bangkai. Sebenarnya bau busuk ini digunakan untuk menarik lalat untuk membantu dalam proses penyerbukan bunga.

Bunga Rafflesia Arnoldii juga merupakan bunga terbesar di dunia dengan diameter terbesar 105 cm dan beratnya sampai 11 kg. Namun, tidak seperti tumbuhan bunga lainnya yang memiliki akar, daun, dan tangkai, bunga ini tidak memilikinya. Itulah mengapa bunga ini termasuk dalam tumbuhan parasit yang mengambil makanan dari tumbuhan inangnya. Akar semu dari bunga ini yang akan menempel dan menyerap nutrisi dari tumbuhan inangnya. Akan tetapi, seperti makhluk hidup lainnya yang bisa berkembang biak atau bereproduksi, bunga ini pun demikian. Apabila penyerbukan bunga berhasil, maka bunga ini akan berubah menjadi buah yang berbentuk bulat dengan diameter antara 12 sampai 15 cm. Biji dari bunga ini lah yang disukai tupai dan tikus. Kedua hewan tersebut pun dapat membantu penyebaran biji di hutan.

Akan tetapi pada saat ini, Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan daerah konservasi utama bunga ini terancam akibat penggundulan hutan yang tidak terkira, mengakibatkan bunga ini terancam punah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode