Search
Generic filters
Exact matches only

Rasakan 4 Manfaat Ini Jika Menerapkan Public Speaking dalam Kehidupan Sehari-hari

0
5 months ago

Ketika kamu di tuntut untuk berbicara di depan umum, mungkin kamu akan bertanya-tanya mengapa kemampuan itu harus kamu kuasai? Percaya atau tidak, tanpa disadari, kita memerlukan kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking setiap hari. Mulai dari berbicara di depan keluarga atau teman-teman sendiri, sampai bicara di depan tokoh publik.

Public speaking sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari seperti melakukan presentasi, memimpin rapat, bernegosiasi, dan lain-lain. Bahkan public speaking juga bisa jadi faktor penentu dalam pencapaian kesuksesan karir kamu. Sudah sepantasnya keterampilan berbicara di depan umum ini wajib kamu pelajari.

“Tapi saya kan orangnya pendiam, mana bisa?”. Eits, public speaking ngga hanya buat orang yang cerewet aja loh, kamu yang pendiam juga bisa menguasainya, asal rajin berlatih. Pada dasarnya, public speaking itu sama seperti mengendarai kendaraan atau bermain alat musik yang intinya semakin kamu sering berlatih, maka akan semakin pandai pula kamu menggunakannya.

Bisa jago public speaking punya banyak manfaat yang bisa berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih Percaya Diri

Bicara di depan banyak orang tentu harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Dengan kamu sering berlatih menguasai keterampilan public speaking, maka secara tidak langsung kamu juga sedang memupuk rasa percaya diri.

Kalau kamu sudah memiliki rasa percaya diri yang cukup, maka kamu juga akan percaya diri untuk menyambut semua kesempatan yang datang.

Punya Banyak Teman/Relasi

Public Speaking bisa memperbaiki keterampilan berbicara dengan orang lain. Gaya bicara sudah terdengar lebih luwes, dan kamu juga jadi punya pilihan kata yang variatif, sehingga tidak kehabisan bahan obrolan. Ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk menyampaikan pesan yang baik kepada orang lain.

Jika sudah begitu, maka orang lain pun akan merasa nyaman berada di dekat kamu dan kamu jadi punya banyak relasi.

Menambah Pengetahuan dan Berlatih Berpikir Kritis

Karena public speaking bukan hanya sekadar berbicara di depan umum, justru kamu juga di tuntut untuk meriset sebuah materi yang akan dibawakan. Dengan demikian, hal ini akan membuat wawasan ilmu pengetahuan kamu menjadi bertambah.  Selain itu, kemampuan public speaking juga bisa melatih kamu untuk berpikir kritis dalam mengatasi suatu masalah secara cepat dan tepat.

Peluang Untuk Menjadi Seorang Pemimpin

Saat kamu sudah punya banyak jam terbang melakukan public speaking di depan banyak orang, otomatis kamu bisa menempatkan diri dengan lingkungan sekitar. Tak jarang, kamu pun sering dipercayai untuk ‘memegang’ suatu kegiatan atau team work, karena dianggap memiliki kemampuan lebih dibandingkan orang lain. Jadi, secara tidak langsung akan berpeluang untuk menjadi seorang pemimpin.

Daftar Pustaka:

Noer, M. (2018, Maret 27). Pentingnya Kemampuan Public Speaking. Retrieved from presentasi.net: https://www.presentasi.net/pentingnya-public-speaking/#:~:text=Selain%20bisa%20meningkatkan%20kemampuan%20berbicara,permasalahan%20dengan%20cepat%20dan%20tepat.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode