Search
Generic filters
Exact matches only

Reptil Pembelit Yang Handal – Ular Sanca

0
6 months ago

Saat kalian kecil kalian apakah kalian pernah berkunjung ke suatu kebun binatang?. Jika ya, apakah kalian pernah melihat atau menjumpai hewan yang ada pada gambar di atas?. Hal yang pasti tidak sedikit dari kalian yang takut untuk mendekati hewan ini. Hal ini sangatlah wajar, karena hewan yang ada pada gambar adalah salah satu reptil atau ular yang cukup ganas dan mematikan, yaitu ular sanca. Ular sanca merupakan sebutan umum untuk semua jenis ular pembelit yang diklasifikasikan sebagai famili Pythonidae. Lokasi persebaran utama hewan ini adalah  di daerah beriklim panas dan tropis Asia, Australia, dan Afrika. Fakta yang perlu kalian ketahui adalah ular sanca merupakan ular terbesar dan terpanjang di dunia, ukuran panjang nya mampu mencapai puluhan meter dengan bobot ratusan kilogram. Tak heran jika salah satu spesies sanca, yaitu sanca kembang atau yang dikenal dengan nama  latin malayopython reticulatus merupakan ular terpanjang dan terbesar di dunia.

Ular sanca seringkali disebut sebagai reptil predator penyergap yang biasanya bergerak dalam posisi menyamarkan diri atau kamuflase dan kemudian menyerang mangsa yang lewat secara tiba-tiba. Walaupun menyeramkan, namun serangan sanca pada manusia  sangatlah jarang karena ular sanca akan sangat agresif ketika musim kawin atau musim bertelur.

Walaupun tidak memiliki bisa atau racun, sanca menggunakan giginya yang tajam, melengkung ke belakang, empat baris di rahang atas, dua di bawah, untuk menangkap mangsa yang kemudian dibunuh dengan belitan atau lilitan. hewan ini mampu membelit atau melilit manusia ataupun hewan mamalia besar lain seperti harimau, rusa, atau bahkan hewan ternak seperti sapi dan membuat korban buruannya mati karena tidak mampu bernafas, kemuda tulang-tulang korban buruan nya tersebut akan diremukan dan dihancurkan dengan kekuatan belitan hewan ini. Walaupun menyeramkan, namun faktanya sebagian besar spesies sanca merupakan hewan peliharaan eksotik. Akan tetapi, perlu kewaspadaan dalam memelihara spesies berukuran besar, karena ular tersebut bisa menjadi berbahaya. Apakah kalian ingin menjadikan ular sanca sebagai hewan peliharaan kalian juga?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode