Search
Generic filters
Exact matches only

Ribuan Manfaat Bahan Dasar Minuman Empon-Empon

0
8 months ago

Merebaknya wabah COVID-19 sekarang ini membuat masyarakat berlomba-lomba untuk meningkatkan imunitas tubuh dan bahan-bahan alami menjadi pilihan beberapa masyarakat. Masyarakat lebih memilih vitamin dari bahan-bahan alami yang banyak tersedia di Indonesia, yaitu empon-empon daripada vitamin yang dibuat oleh pabrik.

Empon-empon merupakan tanaman rimpang yang sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar jamu. Contohnya adalah kapulaga, temulawak, kunyit, kencur, dan jahe. Tanaman ini dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu pengolahan agar dapat dikonsumsi pun tidak ribet. Cukup dibakar, dikupas, kemudian direbus jadi satu. Bisa ditambahkan kayu manis atau gula aren supaya lebih nikmat untuk diminum. Menurut Peraturan MENKES/187/2017, empon-empon juga terbukti aman untuk kesehatan.

Lalu apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari masing-masing bahan tersebut? Berikut adalah manfaat-manfaatnya.

Meskipun tetap memberikan rasa manis, tetapi kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah dan memiliki efek anti diabetes yang kuat. Selain itu, kayu manis dapat meningkatkan fungsi otak, menurunkan kolesterol, dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

  • Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang merupakan zat dengan efek anti inflamasi yang kuat, mengempiskan perut kembung, dan mampu meredakan peradangan usus besar yang menyebabkan masalah buang air besar jangka panjang. Selain itu kunyit juga dapat mengendalikan gula darah seperti kayu manis.

  • Jahe

Jahe sendiri dapat mengobati mual dan memiliki sifat anti inflamasi seperti kunyit. Selain itu jahe juga dapat membantu mengurangi rasa sakit, memberikan kehangatan bagi tubuh, membantu proses detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit.

  • Kapulaga

Kapulaga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, yaitu dapat melancarkan pencernaan, mencegah infeksi, dan sebagai obat nyeri. Kapulaga juga sangat baik untuk kesehatan mulut dan tenggorokan.

  • Kencur

Kencur menjadi salah satu bahan minuman empon-empon yang tidak boleh terlewatkan karena memiliki beberapa manfaat seperti menambah nafsu makan, mengatasi perut kembung, meredakan maag, mencegah radikal bebas yang masuk ke tubuh, mengatasi pilek dan batuk, meningkatkan kesegaran tubuh, obat sakit kepala, serta untuk mengontrol kolesterol jahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode