Search
Generic filters
Exact matches only

Sampah Dapur, Jangan Buru-buru Dibuang! Banyak Cara untuk Mengolahnya

0
6 months ago

Sampah tidak hanya soal plastik, kertas, kaleng, kaca, dan sebagainya. Makanan sisa dan bahan baku masakan yang sisa juga termasuk sampah. Bagi orang-orang yang sering memasak mungkin banyak sampah yang akan dihasilkan. Biasanya mereka akan membuang sampah ini, tetapi lambat laun sampah-sampah tersebut dapat menyebabkan pencemaran lingkungan serta menimbulkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, supaya tidak menyebabkan sumber pencemaran lingkungan, sampah-sampah tersebut bisa diolah menjadi suatu produk yang mempunyai nilai guna. Berikut adalah beberapa jenis hasil olahannya.

  • Pupuk organik

Pupuk organik atau kompos bisa dibuat dari sampah dapur, seperti sisa makanan, kulit sayur dan buah, daging busuk, dan bumbu yang sudah kadaluarsa. Untuk membuat pupuk ini siapkan sampah dapur yang akan diolah. Kemudian siapkan wadah penampung yang cukup besar beserta tutupnya untuk sampah tersebut. Masukkan tanah secukupnya ke dalam wadah yang sudah disiapkan kemudian siram air secukupnya. Setelah itu tutup wadah dengan rapat dan tunggu beberapa hari. Selama proses ini usahakan jangan sampai wadah terkena hujan atau terkontaminasi bahan lain.

Sampah dapur ini juga bisa digunakan untuk pakan hewan ternak atau hewan peliharaan yang lain. Contohnya adalah sisa nasi, sayur, atau buah yang bisa dibuat menjadi pelet atau pakan ikan yang bernutrisi tinggi. Cara membuatnya adalah sampah tersebut difermentasi selama tiga minggu kemudian dijemur. Selain ikan, pelet ini juga bisa untuk pakan berbagai hewan ternak, seperti ayam, sapi, kerbau, dan kambing.

  • Kerajinan tangan

Sampah sisa dapur juga bisa diolah menjadi kerajinan yang bisa memiliki nilai jual. Contohnya adalah cangkang telur yang bisa dibuat menjadi pot atau hiasan. Selain itu, ada kulit jagung yang bisa dibuat menjadi bunga kering untuk hiasan di meja.

  • Bahan perawatan tubuh alami

Kulit buah yang banyak mengandung antioksidan dan vitamin C, seperti buah naga dan jeruk bisa diolah menjadi masker alami. Masker tersebut bisa mengobati masalah kulit seperti jerawat, keriput, dan komedo, serta dapat menimbulkan efek lembut pada kulit.

  • Desinfektan

Mungkin tidak banyak yang tahu beberapa sampah dapur bisa dibuat menjadi desinfektan. Beberapa sampah dapur yang bisa dibuat menjadi desinfektan adalah kulit jeruk atau lemon dan sisa serai dan pandan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode