Search
Generic filters
Exact matches only

Sapa Ramah Ratusan Lumba-lumba dan Indahnya Panorama di Teluk Kiluan

0
6 months ago

Lumba-lumba biasanya hanya bisa dilihat pada saat acara sirkus, namun di tempat yang satu ini ratusan ekor lumba-lumba siap menyapa dengan pemandangan yang sangat indah. Teluk Kiluan yang akan menyuguhkan pemandangan itu. Ratusan lumba-lumba berjenis hidung botol dan snipper dapat dengan mudah dijumpai di tengah laut. Selain lumba-lumba ada berbagai macam ikan di sana. Oleh karena itu sering dijadikan lokasi untuk memancing bagi para pecintanya. Selain itu, airnya yang jernih dengan gradasi biru kehijauan dengan karang yang sangat indah menyuguhkan spot diving yang tidak boleh terlewatkan.

Namun, bukan Indonesia jika segala sesuatunya tidak dikaitkan dengan legenda dan kepercayaan masyarakat setempat. Ada satu legenda mengenai Teluk Kiluan yang sampai sekarang masih dipercaya masyarakat setempat, yaitu dahulu diceritakan bahwa ada seorang pendatang Pekon Bawang bernama Raden Mas Anta Wijaya yang berasal dari daerah Banten atau Malaka. Meskipun memiliki kesaktian yang tinggi dan pemberani, tetapi banyak kerabat yang membencinya bahkan ada yang berusaha untuk membunuhnya. Konon katanya dia memiliki kekuatan yang tidak bisa terkalahkan dan bisa mengetahui kapan ajalnya akan tiba. Sehingga, Raden Anta Wijaya meminta kerabat yang ingin membunuhnya membawa beliau ke pulau yang saat ini bernama Pulau Kiluan karena beliau hanya bisa dibunuh di pulau itu. Kerabatnya pun menyetujuinya dan Raden Anta Wijaya pun akhirnya dibunuh di pulau tersebut.

Akan tetapi, legenda boleh saja dipercaya boleh saja tidak, yang jelas harus dipercaya adalah keindahan alam yang disuguhkan oleh Teluk Kiluan yang siap-siap akan memanjakan para pengunjung. Oleh karena itu, Teluk Kiluan bisa dijadikan destinasi wisata ketika berkunjung ke Lampung, terutama pada saat musim kemarau karena aksesnya yang masih sulit dan jalan menuju teluk ini lebih bersahabat ketika ditempuh saat musim kemarau. Teluk ini berada di Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Dari Kota Bandar Lampung butuh waktu sekitar 3 hingga 4 jam atau sekitar 80 km perjalanan harus ditempuh.  Namun jangan khawatir sulit dan jauhnya perjalanan akan terbayarkan lunas jika sudah sampai di tempat indah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode