Search
Generic filters
Exact matches only

Sebenarnya Kapan Waktu yang Tepat Untuk Olahraga Lari?

0
6 months ago

Membiasakan diri untuk rutin berolahraga merupakan hal yang baik. Olahraga tidak hanya menyehatkan tubuh tapi juga dapat memperkuat daya tahan tubuh kita sehingga tidak mudah terserang penyakit. salah satu olahraga yang banyak digemari adalah lari  karena mudah dan tidak memerlukan banyak peralatan serta murah meriah. Lari dapat memberi banyak manfaat baik bagi tubuh diantaranya menambah kebugaran, mengurangi lemak, membentuk otot pada betis dan perut, memperbaiki pola tidur, menurunkan tekanan darah, dan mencegah kanker.

Olahraga yang satu ini merupakan olahraga yang cukup fleksibel dari segi waktu dan tempat. Lari dapat dilakukan di pagi, siang, sore, bahkan malam hari. Lalu kapan sebenarnya waktu terbaik untuk olahraga lari?

Menurut penelitian tentang ritme sirkadian, olahraga lari akan memberikan hasil yang efektif jika dilakukan di sore hari atau menjelang malam. Waktu tersebut dirasa ideal karena pada jam tersebut suhu inti tubuh sedang mencapai puncaknya. Saat suhu inti sedang di puncaknya, tubuh akan meningkatkan metabolisme energi dan kapasitas otot untuk beradaptasi selama melakukan olahraga. Saat metabolisme sedang berfungsi penuh maka tubuh akan terbantu untuk membakar kalori sepanjang malam. Sedangkan adaptasi otot yang baik akan membuat tubuh lebih siap terhadap perubahan medan berlari dan mengurangi risiko cedera otot.

Ditambah lagi, menurut studi yang dilakukan oleh University of California menemukan bahwa berolahraga di waktu sore menjelang malam dapat membuat anda lebih mudah untuk tidur di malam hari. Hal ini terjadi karena menurunnya tekanan darah dari otot yang berkontraksi selama berlari. Penelitian lain juga menyatakan jika paru-paru akan bekerja lebih keras pada waktu sore hari. Saat paru-paru bekerja, penyerapan oksigen akan lebih maksimal sehingga dapat lebih fokus dengan keadaan sekitar.

Lari di sore menjelang malam hari akan memberikan manfaat yang lebih maksimal, meskipun begitu tetap harus disesuaikan dengan jadwal dan aktivitas lainnya. Kapanpun olahraga lari dilakukan akan tetap memberikan manfaat untuk kesehatan. Namun, jika bisa lakukan lari di sore hari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode