Search
Generic filters
Exact matches only

Segudang Manfaat Dari Minyak Ikan

0
7 months ago

Minyak ikan ternyata tidak seperti minyak pada umumnya. Seperti namanya, minyak ikan berasal dari ikan. Minyak ikan juga disebut sebagai asam lemak yang berasal dari jaringan tubuh ikan dan terkadang diproduksi di bagian hati beberapa jenis ikan. Asam lemak tersebut dikenal dengan sebutan omega-3 yang merupakan asam lemak esensial dan diperlukan untuk kesehatan tetapi omega-3 tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh kita. Ada dua jenis asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam minyak ikan, yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic (EPA).

Minyak ikan bisa didapatkan dari beberapa jenis ikan yang tinggi lemak diantaranya ikan mackerel, salmon, tuna, sarden, herring, trout, dan cod.  Beberapa produk makanan yang mengandung omega-3 juga bisa ditemukan dalam mentega, margarin. Minyak ikan juga bisa kita dapatkan dari suplemen dalam berbagai bentuk, mulai dari bentuk cair seperti sirup, biasanya berwarna oranye atau puti, sampai yang dikemas dalam bentuk kapsul.

Ini segudang manfaat mengkonsumsi minyak ikan secara rutin yang perlu diketahui:

Membantu menurunkan berat badan. Bagi kalian yang bermasalah dengan berat badan berlebih sangat cocok untuk mengkonsumsi minyak ikan dan melakukan olahraga rutin. Kombinasi ini sudah pernah diteliti di University of South Australia dan dipercaya dapat mengurangi kadar lemak tubuh serta meningkatkan kardiovaskular dan metabolisme.

Meningkatkan kesehatan tulang. Omega-3 pada minyak ikan menjadi suplemen penting untuk menjaga kepadatan tulang. Minyak ikan sangat disarankan dikonsumsi oleh anak-anak dan orang lanjut usia untuk menjaga kesehatan tulang.

Menurunkan kadar lemak di hati dan menjaga kesehatan jantung. Lemak yang menumpuk di organ hati berpotensi untuk memicu penyakit. Omega-3 berfungsi untuk menurunkan kadar lemak trigliserida yang berlebih dan meningkatkan kolesterol baik sehingga lemak trigliserida tidak akan menyumbat pembuluh darah yang akan mengalirkan darah ke jantung. Selain menurunkan kadar lemak, rutin mengonsumsi minyak ikan juga akan membuat kesehatan jantung akan tetap terjaga.

Menjaga kesehatan mental. Omega-3 pada minyak ikan sangat bermanfaat dalam fungsi otak dan mampu memperlambat dan mencegah perkembangan gangguan psikotik. Minyak ikan juga dapat meringankan gejala depresi.

Tidak hanya itu, minyak ikan juga memiliki manfaat lainnya seperti menjaga kesehatan kulit, melindungi tubuh dari radikal bebas, menjaga kesehatan mata dan baik untuk kandungan. Walau kamu sudah tahu mengenai manfaat minyak ikan, tetap harus bijak dalam mengkonsumsi suplemen ya, konsultasikan ke dokter agar kita bisa mendapatkan dosis yang tepat untuk konsumsi suplemen agar bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode