Search
Generic filters
Exact matches only

Sehatkah Minum Kopi Setiap Hari?

0
8 months ago

Kopi adalah salah satu minuman yang digemari oleh banyak kalangan bahkan mengkonsumsi kopi telah menjadi rutinitas bagi sebagian orang. Kandungan kafein di dalam kopi mampu meningkatkan perhatian dan kewaspadaan. Selain itu, menurut sebuah penelitian observasional di Amerika yang melibatkan 20000 orang, mereka yang mengkonsumsi kopi setidaknya empat cangkir kopi dalam sehari memiliki resiko kematian dini lebih rendah sebesar 64% daripada mereka yang tidak pernah atau jarang mengkonsumsi kopi. Pengurangan resiko ini lebih signifikan pada orang-orang yang berusia 45 tahun ke atas. Akan tetapi manfaat itu baru bisa diperoleh apabila dikonsumsi sesuai porsi yang tepat.

Menurut dr. James Liew seorang dokter umum di Australia, dosis kafein yang aman bagi sebagian orang yang lebih sehat dengan minum kopi sebesar 400 mg, setara dengan empat cangkir kopi seduh. Apabila lebih dari itu akan menimbulkan efek samping seperti tremor, palpitasi, agitasi, dan gangguan pencernaan dan efek ini bisa berlalu dengan sendirinya.

Kopi pun memiliki jenis yang beragam, seperti kopi arabika, kopi robusta, kopi liberika, dan kopi ekselsa. Tetapi seiring dengan berkembangnya waktu dan teknologi, kopi modern pun muncul. Komposisi kopi modern ditambah beberapa bahan selain kopi, seperti gula, susu, foam, moka, dan coklat. Beberapa jenis kopi modern yang umum dan banyak diminati adalah espresso, machiato, piccolo, cappucino, dan latte. Dari kelima jenis kopi tersebut yang memiliki kadar paling kuat adalah espresso, sebaliknya yang kadar kopinya paling lemah adalah latte. Tetapi, latte memiliki kadar lemak paling banyak dibandingkan yang lain karena lebih banyak mengandung susu.

Jenis kopi yang beragam seperti di atas pun sudah banyak yang tersedia secara praktis maupun instan. Banyak kedai atau kafe yang menyediakan berbagai macam jenis kopi yang sesuai dengan selera. Kopi instan pun juga sudah banyak tersedia di supermarket. Namun menurut dr. James Liew, efek kopi yang bisa menyehatkan itu bisa diperoleh apabila yang konsumsi adalah kopi yang murni dan tanpa campuran apapun karena kopi yang sudah dicampur dengan bahan-bahan lain seperti gula, krim, foam, moka, coklat, susu ataupun zat aditif lainnya dapat mengakibatkan darah tinggi, kolesterol meningkat, dan asam lambung meningkat. Jadi bagi siapapun yang suka minum kopi, tetapi jangan berlebihan. Apabila bukan penikmat kopi, tidak apa dan tidak harus memaksakan untuk menyobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode