Search
Generic filters
Exact matches only

Sejarah Asal Usul Olahraga Nomor Satu Dunia, Sepak Bola

0
6 months ago

Siapa yang tidak mengenal sepak bola? Banyak orang yang menggemari sepak bola dan bahkan bercita-cita untuk menjadi pemain sepak bola sebagai profesinya kelak. Olahraga ini merupakan olahraga nomor satu dunia yang dimainkan oleh berbagai kalangan baik itu tua-muda, miskin-kaya, wanita-pria, semuanya pasti pernah memainkan olahraga ini. Olahraga ini bahkan memunculkan fanatisme sendiri bagi penyukanya sampai-sampai mereka ini berani mempertaruhkan nyawa mereka untuk membela tim kesayangannya.

Tapi, dibalik itu semua, apakah kalian tau asal usul olahraga ini?

Secara umum, sepak bola adalah olahraga yang terdiri dari 2 tim yang masing-masing tim beranggotakan 11 pemain yang bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya dengan menggunakan kaki. Hanya penjaga gawang yang boleh menggunakan tangannya.

Sejarah olahraga sepak bola sendiri dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di China. Saat itu pada masa Dinasi Han, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Saat itu  olahraga ini dikenal dengan sebutan “tsu chu “. Dalam salah satu dokumen militer menyebutkan, pada tahun 206 SM, pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, masyarakat China telah memainkan bola yang disebut tsu chu. Tsu artinya “menerjang bola dengan kaki”. Sedangkan chu, berarti “bola dari kulit dan ada isinya”.

Permainan bola di masa itu menggunakan bola yang bahan dasarnya dibuat dari kulit binatang, dengan peraturan untuk menendang dan menggiring serta memasukkan bola tersebut ke sebuah jaring yang dibentangkan diantara dua tiang.

Permainan serupa juga dimainkan di Jepang pada abad ke-8, masyarakat disana menyebut olahraga ini dengan sebutan Kemari. Kulit kijang digunakan untuk membuat bola namun ditengahnya sudah lubang dan berisi udara.

Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.

Menurut Bill Muray, salah seorang sejarahwan sepak bola, dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, permainan sepak bola sudah dikenal sejak awal Masehi. Pada saat itu, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal teknik membawa dan menendang bola yang terbuat dari buntalan kain linen.

Sisi sejarah yang lain adalah di Yunani Purba juga mengenal sebuah permainan yang disebut episcuro, tidak lain adalah permainan menggunakan bola. Bukti sejarah ini tergambar pada relief-relief museum yang melukiskan anak muda memegang bola dan memainkannya dengan pahanya.

Sepak bola modern berkembang di Inggris dengan menetapkan peraturan-peraturan dasar dan menjadi sangat digemari oleh banyak kalangan. Permainan ini lalu menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja James I dari Skotlandia mendukung larangan untuk memainkan sepak bola.

Sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah pada tahun 1815.

Tahun 1857 beridiri klub sepak bola pertama di dunia, yaitu Sheffield Football Club. Klub ini merupakan asosiasi sekolah yang menekuni permainan sepak bola. Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai penjuru dunia sehingga permainan tersebut akhirnya dikenal diberbagai masyarakat dunia.

Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia Fédération Internationale de Football Association (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara. Sejak saat itu, olahraga sepak bola semakin digemari dan populer hingga menjadi olahraga nomor satu di dunia.

Udah tau kan asal usul sejarah sepak bola, kapan nih kalian pertama kali mulai main olahraga ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode