Search
Generic filters
Exact matches only

Sejarah Jaringan Seluler Mulai dari 1G, 2G, 3G, 4G hingga 5G

0
5 months ago

Tahukah kamu apa makna simbol yang berada di sebelah kanan atas layar smartphone yang menunjukkan jaringan data?Biasanya simbol yang dituliskan H+, 4G, 4G+. huruf G. Simbol tersebut merupakan singkatan dari generasi atau generation. Seiring dengan berkembangnya teknologi, jaringan juga akan berkembang dari masa ke masa.

Setiap generasi jaringan seluler pastinya memiliki standar tertentu yang disesuaikan dengan standar jaringan telepon dan sistem telepon seluler pada saat itu. Perlu untuk diketahui urutan jaringan telepon adalah 1G, 2G, 3G, 4G, dan 5G. Masing-masing generasi pastinya akan membawa frekuensi baru, kecepatan data yang semakin tinggi, dan teknologi transmisi terbaru.

Lalu apa yang menjadi perbedaan dari setiap generasi?

Jaringan Seluler 1G. Generasi pertama diperkenalkan pada tahun 1970-1980-an. Kecepatan maksimal dari jaringan ini yaitu 2.4 Kbps. Pada saat itu teknologi ponsel pertama menggunakan sistem analog yang umumnya dikenal dengan AMPS dan TACS. Kelemahan adalah sangat terbatasnya jaringan.

Jaringan Seluler 2G. Generasi kedua ini mulai muncul di tahun 1990-an. Jaringan ini merupakan implementasi digital pertama dari komunikasi suara nirkabel dan memperkenalkan layanan pengiriman pesan teks (SMS) dan pesan multimedia (MMS). Kecepatan jaringan ini bisa mencapai 50 Kbps atau 1 Mbps. Jaringan ini juga menerapkan konsep GSM dan CDMA.

Jaringan Seluler 3G. Jaringan ini disebut juga dengan WCDMA/UMTS dengan kemampuan setingkat lebih tinggi daripada jaringan sebelumnya. Dengan jaringan seluler ini, dimungkinkan dapat melakukan video streaming dan video calling. 

Jaringan Seluler 4G. Ini merupakan teknologi generasi keempat yang merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh. Maksimal kecepatan jaringan 4G adalah 100 Mbps atau 1 Gbps dan menyediakan kualitas dan kapasitas tinggi.

Jaringan Seluler 5G. Teknologi 5G merupakan teknologi generasi kelima yang masih terus dikembangkan dan belum dikomersilkan. Namun jaringan yang satu ini menawarkan kecepatan yang lebih dan koneksi yang jauh lebih baik daripada 4G. Saat ini para inovator teknologi tentunya akan terus meningkatkan teknologi jaringan ini hingga ke level yang mungkin tak terbayangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode