Search
Generic filters
Exact matches only

Sejarah Taman Mini Indonesia Indah

0
5 months ago

Di daerah Jakarta Timur ada sebuah tempat wisata yang memiliki tema tentang budaya Indonesia dan dapat menjadi salah satu referensi bagi warga Jakarta yang ingin rekreasi ketika hari libur namun tidak keluar dari daerah Jakarta dan mendapatkan ilmu tentang budaya. Tempat apakah itu? Tempat itu bernama Taman Mini Indonesia Indah atau yang biasa disingkat dengan TMII. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa taman mini Indonesia indah merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia yang lokasi ada di Jakarta Timur.

Taman ini bisa dibilang sebagai rangkuman kebudayaan dari negara Indonesia yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari oleh masyarakat yang ada di 33 provinsi Indonesia. Rangkuman kebudayaan tersebut ditampilkan dalam bentuk anjungan daerah yang memiliki arsitektur tradisional dan menampilkan aneka pakaian adat sampai dengan tradisi daerah-daerah.

Bisa dibilang bahwa TMII merupakan salah satu Kawasan wisata yang bisa direkomendasikan bagi para turis yang ada di dalam negeri maupun dari mancanegara untuk datang berkunjung ke sana. TMII memiliki logo yang menonjolkan huruf TMII yang merupakan singkatan dari Taman Mini Indonesia Indah dan memiliki maskot beruba tokoh pewayangan yang bernama Hanoman dimana maskot tersebut diberi nama NITRA atau Anaji Putra.

Taman Mini Indonesia Indah merupakan gagasan dari Ibu Negara, Ibu Siti Hartinah atau yang biasa dikenal dengan Ibu Tien Soeharto. Ide untuk membuat TMII sendiri muncul pada tanggal 13 Maret 1970 di Jalan Cendana nomor 8, Jakarta. Dengan dibuatnya TMII ini diharapkan untuk masyarakat dapat membangkitkan rasa banga dan cinta kepada tanah air Indonesia. TMII akhirnya mulai di bangun pada tahun 1972 kemudian diresmikan pada tanggal 20 April 1975.

Kesimpulannya, TMII merupakan sebuah ide dari Ibu Negara ke 2 Indonesia yaitu Ibu Tien Soeharto yang memiliki ide untuk membuat sebuah miniatur dari Indonesia dan berharap untuk memunculkan rasa bang dan cinta kepada tanah air Indonesia bagi semua masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode