Search
Generic filters
Exact matches only

Sering Berbicara Sendiri, Apakah Sebuah Kelainan?

0
7 months ago

Apakah Anda termasuk orang yang sering berbicara sendiri? Kebiasaan tersebut mungkin sering dianggap aneh oleh beberapa orang, namun kebiasaan ini ternyata memiliki dampak positif terhadap kesehatan otak. Menurut seorang psikoterapis, Lisa Ferentz, berbicara sendiri atau monolog batin itu menginformasikan dengan cara yang halus kepada pikiran, emosi, dan pilihan untuk pengambilan sebuah sikap selanjutnya. Sehingga kebiasaan ini akan mengembangkan pandangan positif tentang diri sendiri dan masa depan. Mengembangkan pandangan positif tentang diri sendiri itu penting karena jika berperilaku sebaliknya, berpikir kritis, menghakimi, atau berpikiran negatif justru akan membuat seseorang sulit menghadapi segala sesuatu dengan sikap positif dan tidak bisa mengambil keputusan secara tepat.

Para peneliti dari University of Wisconsin-Madison pun juga mengungkapkan, bahwa berbicara sendiri dapat menimbulkan dampak baik terhadap otak dan perlu digaris bawahi bahwa kebiasaan seperti ini bukanlah sebuah kelainan. Selain itu, ada beberapa manfaat yang diperoleh bagi seseorang yang sering berbicara sendiri, yaitu sebagai berikut.

Berbicara sendiri akan memperkuat pikiran tentang apa yang akan dilakukan atau informasi apa yang sedang didapatkan, sehingga akan membuatnya lebih mudah dipahami oleh tubuh.

  • Belajar lebih baik dibanding yang lain

Sering berbicara pada diri sendiri membuat seseorang bisa menyelesaikan tugas yang diberikan menjadi lebih cepat. Selain itu, orang tersebut juga dapat menyuarakan tujuannya dan menjadi lebih mahir dalam suatu hal.

  • Pikiran menjadi lebih teratur

Keputusan penting terhadap suatu pilihan bisa divalidasi berkat sering berbicara sendiri. Hal ini dapat membantu otak secara tegas untuk memprioritaskan tugas dan mengatur ulang pikiran seseorang. Selain itu, juga bisa menenangkan syaraf-syaraf otak.

  • Tujuan tercapai lebih banyak

Berbicara sendiri secara mental dapat mengkondisikan otakmu untuk berusaha lebih keras mencapainya. Hal ini akan membuat seseorang mengulangi dengan keras terutama tujuannya sehingga akan membantu  memperkuat perhatian dan fokusmu serta menghilangkan gangguan maupun beban pikiran yang menumpuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode