Search
Generic filters
Exact matches only

Sering Dengar Probiotik, Tapi Itu Apa, Sih?

0
7 months ago

Bakteri memiliki kesan yang lekat dengan penyebab suatu masalah kesehatan. Tapi tahukah kamu jika ada bakteri baik yang disebut dengan probiotik. Probiotik merupakan bakteri atau jamur yang dapat mendukung sistem pencernaanmanusia. Probiotik dapat ditemukan di makanan dan minuman fermentasi, tetapi tidak semua makanan dan minuman fermentasi terdapat bakteri probiotik.

Probiotik bisa kita temukan dan konsumsi di yoghurt, acar, kimchi, kombucha, tempe, miso dan berbagai macam susu fermentasi. Tapi tidak semua yoghurt memasukkan jamur dan bakteri probiotik, maka dari itu kita perlu memastikan pada label produk apakah mengandung probiotik atau tidak.

Banyak manfaat yang diberikan oleh bakteri baik ini. Seperti jenis probiotik bernama Lactobacillus. Lactobacillus merupakan jenis probiotik yang paling banyak digunakan. Probiotik ini berfungsi untuk meringankan diare dan membantu orang yang mengalami alergi laktosa. Probiotik selanjutnya yaitu Bifidobacteria yang paling banyak ditemukan di usus besar. Bakteri ini diyakini dapat meringankan gejala sindrom iritasi usus. Probiotik berjenis Streptococcus thermophilus ini memproduksi enzim lactase yang dapat mencegah intoleransi laktosa. Biasanya probiotik yang satu ini digunakan untuk memproses makanan. Probiotik lainnya yaitu Saccharomyces. Probiotik ini berasal dari jamu yang biasanya berguna untuk mencegah dan mengobati diare. Probiotik jenis ini juga dapat membantu meredakan jerawat yang membengkak dan mengurangi efek samping dari pengobatan radang lambung.

Terdapat beberapa probiotik jenis lainnya yang menguntungkan tubuh manusia. Secara umum, probiotik yang terkandung di dalam makanan baik untuk dikonsumsi. Namun dalam mengkonsumsi probiotik, tak jarang menimbulkan efek samping seperti sakit perut, perut terasa kembung, hingga diare selama beberapa hari. Konsumsi probiotik juga tidak disarankan untuk orang-orang yang memiliki kondisi medis yang menurunkan sistem imun tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode