Setop! Jangan Gunakan Pasta Gigi Untuk Luka Bakar

0 6 months ago

Pernah mengalami luka bakar atau luka karena terkena cipratan minyak panas? Hampir sebagian orang pernah mengalaminya dan seperti sudah menjadi kepercayaan, beberapa orang percaya kalau luka bakar dapat disembuhkan dengan mengoleskan pasta gigi di area yang terluka. Tapi…benarkah demikian? Ternyata menurut ahli medis informasi kalau pasta gigi dapat meredakan luka bakar adalah mitos. Faktanya, bukannya menyembuhkan, pasta gigi justru dapat memperparah kondisi luka.

Memang benar luka bakar, terutama untuk skala kecil, dapat ditangani secara mandiri. Namun bukan dengan mengoleskan pasta gigi. Pasta gigi memiliki bahan kimia yang berfungsi untuk membersihkan kotoran seperti calcium carbonate dan potassium citrate. Selain itu pasta gigi juga mengandung zat pemutih gigi. Tentu saja zat-zat ini berbahaya jika bersentuhan dengan jaringan kulit yang terluka. Zat-zat berbahaya tersebut dapat menyebabkan iritasi dan infeksi pada luka bakar.

Penanganan luka bakar yang yang benar adalah sebagai berikut ini.

Hal pertama, yang dilakukan saat terkena luka bakar adalah dengan mengalirkan luka bakar dengan air dingin selama kurang lebih 20 menit.

Langkah kedua, bersihkan area luka bakar dengan sabun dan air. Bila luka bakar terasa sakit, kompres area luka dengan kompres dingin. Gunakan kain yang sudah dibasahi kemudian letakkan di bagian yang terkena luka bakar.

Terakhir, untuk membantu mencegah infeksi, gunakan salep antibiotic seperti Bacitracin atau Neosporin sesuai dengan resep dokter.

Dengan melakukan penanganan-penanganan tersebut bakteri tidak akan mudah menyebar dan dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar. Hindari penggunaan odol untuk penyembuhan. Luka bakar harus diberikan penanganan yang tepat agar luka tidak semakin parah dan menyebar. Jika luka bakar cukup lebar dan sangat besar, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *