Search
Generic filters
Exact matches only

Shogi, Olahraga Catur dari Jepang

0
6 months ago

Siapa nih yang biasa bermain catur? Pastinya kalian pernah memainkannya atau sekedar tau permainan catur itu apa. Tidak seperti olahraga lainnya yang mengandalkan fisik, olahraga catur mengandalkan otak untuk memainkannya. Kita dituntut untuk bisa menyusun strategi pada saat menyerang lawan ataupun bertahan dari serangan lawan. Para pemain catur juga harus bisa memiliki rencana cadangan saat rencana awal yang dia punya gagal.

Ada lho permainan yang sejenis dengan olahraga catur. Pada dasarnya permainan ini juga memiliki tujuan yang sama dengan olahraga catur pada umumnya, yaitu mengalahkan lawan dengan cara menskak lawan tersebut. Permainan olahraga tersebut adalah Shogi.

Shogi merupakan catur khas dari Jepang yang dimainkan oleh dua orang secara bergantian. Papan catur shogi lebih besar dari pada papan catur biasa. Jika papan catur biasa memiliki ukuran 8×8, catur shogi memiliki ukuran 9×9.

Perbedaan lainnya antara catur shogi dan catur biasa adalah sistem permainannya. Pada catur shogi, sistem permainannya adalah memainkan kembali bidak lawan yang sudah tertangkap oleh kita. Walaupun sudah naik pangkat saat bidak tersebut tertangkap, bidak tersebut nantinya akan kembali kepangkat semula. Bidak lawan yang tertangkap akan menjadi milik pihak yang menangkap dan bisa kembali diletakkan di atas papan untuk digunakan melawan lawan tersebut.

Kedua sisi papan catur dibedakan menjadi dua bagian, yaitu sente dan gote. Pemain yang memainkan sisi sente akan memainkan langkah pertama, setelah itu baru giliran pemain yang memainkan sisi gote yang mengambil langkah selanjutnya. Begitu seterusnya secara bergantian hingga permainan selesai.

Jika pada catur istilah untuk membunuh raja lawan adalah skak mat, pada catur shogi istilah tersebut disebut tsumi. Keunikan lainnya catur shogi dari catur biasa adalah karena bisa menggunakan bidak lawan yang sudah tertangkap sebagai bidak tambahan buat kita, kemungkinan permainan shogi untuk berakhir dengan imbang atau remis sangatlah kecil.

Permainan catur shogi ini menempati urutan ke 3 di seluruh dunia sebagai permainan papan strategi yang paling banyak dimainkan lho! Nomor 1 nya tentu saja catur biasa, sementara itu nomor 2 ditempati oleh xiangqi, yang merupakan permainan catur dari China.

Permainan catur shogi ini sudah dimainkan secara profesional lho di negara asalnya Jepang, dan sudah lumayan populer negara-negara Eropa dan Amerika walau belum dimainkan secara profesional.

Nah, itulah tadi sedikit informasi mengenai catur shogi. Gimana? Tertarik untuk memainkan catur ini nggak nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode