Search
Generic filters
Exact matches only

Si Bungsu yang Bikin Nyeri

0
8 months ago

Normalnya seseorang akan memiliki 32 gigi. Tetapi di antara semua gigi yang dimiliki oleh manusia ada gigi yang muncul paling terakhir dan dikenal dengan nama gigi geraham bungsu. Gigi bungsu umumnya akan muncul dan tumbuh di usia 17 sampai dengan 25 tahun. Saat gigi bungsu tumbuh biasanya akan disertai dengan rasa sakit. Hal ini dikarenakan untuk tumbuh, gigi bungsu perlu merobek gusi untuk keluar.

Terkadang si bungsu ini tidak mendapatkan ruang yang cukup untuk tumbuh. Ini akan menyebabkan gigi bungsu hanya muncul sebagian bahkan tidak muncul sama sekali. Kondisi gigi bungsu yang tidak normal akan menyebabkan terjadinya impaksi. Impaksi terjadi saat seharusnya gigi bungsu tumbuh lurus justru malah miring dan mendorong gigi geraham belakang lain yang ada di sebelahnya. Saat ada dorongan tersebut kita bisa merasakan nyeri pada rahang bagian belakang. Geraham yang terdorong oleh gigi bungsu akan mulai miring, perlahan bergeser dan bukan tidak mungkin bisa menjadi rusak.

Dampak lainnya dari gigi bungsu yang hanya muncul sebagian adalah akan membuat makanan lebih mudah terselip diantara gigi bungsu dan gigi geraham lain. Hal tersebut akan membuat lubang di antara dua gigi tersebut sehingga akan menyebabkan sakit. Saat gigi bungsu tumbuh tidak sempurna seperti ada sebagian gusi yang masih menyelimuti bagian atas gigi bungsu juga akan membuat celah antara gusi dengan gigi. Jika terselip sisa makanan atau adanya kotoran bisa mengakibatkan radang pada gusi dan infeksi yang dinamakan pericoronitis.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana masalah masalah yang timbul dari gigi bungsu yang tumbuh tidak sempurna. Sangat berbahaya akibatnya jika kita tidak segera mengetahui bagaimana kondisi gigi kita. Yuk kita rutin cek kesehatan gigi sebelum terlambat! Ingat, minimal setiap enam bulan sekali, ya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode