Search
Generic filters
Exact matches only

Si Hijau Yang Bau Namun Populer – Pete / Petai

0
6 months ago

Siapa diantara kalian yang tak mengenal pete? Jika kalian masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan pete atau petai bukan? Pete memiliki nama lain Parkia speciosa dan masuk ke dalam kategori sayuran. Warnanya yang hijau dan aromanya yang khas membuat pete mudah untuk dikenali. Setelah dikonsumsi tentunya pete meninggalkan aroma yang khas di dalam mulut bahkan di dalam urine. Hal ini juga yang membuat tidak sedikit orang yang tidak menyukai pete.  Penyebab biji petai bau adalah kandungan asam asam-asam amino yang didominasi oleh asam amino yang mengandung unsur sulfur (s), ketika terdegradasi menjadi komponen yang lebih kecil, asam amino itu akan menghasilkan satu gas H2S (Hidrogen sulfida) yang terkenal sangat bau. Namun apabila kalian sangat menyukai cita rasa petai namun khawatir akan bau yang mengendap di mulut, tidak perlu khawatir lagi karena faktanya cara menghilangkan bau petai yang sangat awet di mulut sangatlah mudah yaitu dengan kalian mengunyah beras / bubuk kopi / mentimun. Biji petai biasanya dijual dengan menyertakan polongnya. Namun, pengemasan modern juga dilakukan dengan mengemasnya dalam plastik atau dalam styrofoam yang dibungkus plastik kedap udara.

Jika kalian belum pernah melihat pohon pete, ciri cirinya yaitu pohon petai mampu bertahan hidup belasan bahkan puluhan tahun, tinggi dapat mencapai 20 m dan kurang bercabang. Daunnya majemuk, tersusun sejajar. Bunga majemuk, tersusun dalam bongkol (khas Mimosoidae). Bunga muncul biasanya di dekat ujung ranting. Buahnya besar, memanjang, tipe buah polong. Dari satu bonggol dapat ditemukan sampai belasan buah. Ada 2 Jenis Petai, Tanaman petai jenis gajah, yaitu tanaman petai yang setiap buahnya dapat berisi petai sebanyak 15-18 biji dan panjang buahnya mencapai 25-30 cm. Tanaman petai jenis kacang, yaitu tanaman petai yang setiap buahnya mengandung 10-12 biji dan panjang buahnya hanya sekitar 20 cm. Biji petai yang berwarna hijau ketika muda dan terbalut oleh selaput agak tebal berwarna coklat terang. Buah petai akan mengering jika masak dan melepaskan biji-bijinya.

Sama seperti jengkol, pete memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Hal ini bisa dibuktikan dengan melihat harga petai di pasaran Indonesia yang kian hari kian meningkat. Hal itu dikarenakan permintaan pete di pasaran selalu meningkat. Karena di Indonesia sendiri pete bisa disulap menjadi makanan kota yang berkelas restoran. Jika diolah dengan baik dan benar oleh ahlinya, bau yang terkandung pada pete tidak akan sangat menyengat atau bisa jadi menghilang sepenuhnya. biasanya pete diolah menjadi sajian masakan seperti sambal goreng hati dengan tanpa petai, sambal petai, sebagai lalapan atau campuran membuat sambal goreng, dan lain sebagainya. Hebatnya, selain dijadikan olahan makanan, pete juga memiliki nilai penting bagi dunia kesehatan. Karena pete dapat digunakan sebagai obat : Anemia, Stress, Sindrom pramenstruasi, Depresi, Sakit perut, Cacingan dan beberapa gangguan kesehatan lainnya. Apakah kalian juga menyukai pete?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode