Search
Generic filters
Exact matches only

Si Hijau Yang Panjang – Kacang Panjang

0
6 months ago

Coba kalian lihat gambar diatas, sayur apakah itu?, jika kalian orang Indonesia  tentunya sebagian besar dari kalian mampu menjawabnya, Ya namanya sayur kacang panjang. Seperti yang kalian tahu, kacang panjang tentu bukan lagi nama sayuran yang terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Kacang panjang merupakan tumbuhan yang dijadikan sayur atau lalapan. Ia tumbuh dengan cara memanjat atau melilit. Bagian yang dijadikan sayur atau lalapan adalah buah yang masih muda dan serat-seratnya masih lunak, kacang panjang ini mudah didapati di kawasan panas di Asia. Daunnya disebut dengan lembayung dan dapat dijadikan sayuran hijau. Jika kalian ingin tahu cara  menanam tanaman kacang panjang ini, sangatlah mudah loh, pertama-tama adalah dengan menanam langsung 2-3 biji ke dalam lubang sedalam 1- 2 cm, kemudian ditimbun tanah, maka akan berbunga pada umur 30 hari dan mulai panen umur 45 hari dan ketika panen kacang panjang mampu tumbuh memanjang hingga 75 centimeter ini. Sangat mudah bukan?

Kacang panjang merupakan salah satu sayuran yang mudah dijumpai. Tidak hanya dimasak menjadi olahan yang enak, namun kacang panjang juga memiliki banyak kandungan manfaat. Walaupun sangat terkenal di Indonesia, tapi tak banyak yang diketahui seputar informasi nilai gizi dan manfaat kesehatan dari sayur kacang panjang. Faktanya, kacang panjang adalah sumber protein yang baik, vitamin A, thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium, dan mangan,  Dalam ukuran porsi 100 gram kacang terdapat 47 kalori, 50 gram lemak total, kolesterol 0 mg, natrium 4 mg (0% nilai harian), 8 gram karbohidrat total (2% nilai harian), dan 3 gram protein (nilai harian 5%). Ada juga 17% DV vitamin A, 2% DV besi, 31% DV vitamin A, dan 5% DV kalsium.

Beberapa kandungan inilah yang membuat kacang panjang dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan untuk mengobati beberapa penyakit seperti diantaranya antioksidan, gangguan saluran kencing, peluruh kencing, batu ginjal, meningkatkan fungsi sel darah merah, beri-beri, demam berdarah, kurang darah, sakit pinggang, rematik, pembengkakan, meningkatkan nafsu makan, dan sukar buang air besar, antikanker, kanker payudara, leukemia, antibakteri, antivirus, mencegah kelainan antibodi, meningkatkan fungsi limpa, meningkatkan penyatuan DNA dan RNA. Karena kacang panjang memiliki berbagai manfaat, maka kacang panjang sangat baik jika dijadikan asupan konsumsi sehari-hari. Apakah kalian menyukai masakan kacang panjang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode