Search
Generic filters
Exact matches only

Si Raja Bambu – Panda

0
6 months ago

Apabila berbicara tentang bambu, kita langsung mengingat akan keberadaan hewan yang sangat menggemaskan, lucu dan unik yaitu Panda. Hewan yang memiliki nama ilmiah Ailuropoda melanoleuca, berarti “Kaki-kucing hitam-putih” ini adalah hewan asli dari negeri tirai bambu yakni Tiongkok Tengah (China). Hewan ini adalah  hewan mamalia yang seringkali diklasifikasikan ke dalam famili beruang. Tubuhnya yang besar dan lucu ini mampu mencapai bobot 125 Kilogram. Kulit atau bulunya yang sangatlah unik yakni berwarna hitam putih dengan tekstur yang sangat lembut membuat hewan ini sangat dicintai dan digemari oleh banyak orang.

Banyak yang mengira bahwa hewan yang memiliki identitas (Kingdom Animalia, Filum Chordata, Kelas Mamalia, Ordo Carnivora, Famili Ursidae, Genus Ailuropoda, Spesies Ailuropoda melanoleuca) ini adalah karnivora, karena secara taksonomi ia adalah keluarga beruang. Namun pada kenyataanya hewan ini adalah omnivora. Secara umum memang makanannya seperti herbivora dan sebagian besar tumbuh-tumbuhan, bahkan hampir hanya bambu saja. Secara teknis, seperti banyak hewan, panda adalah omnivora karena diketahui panda juga makan telur dan kacang kacangan, dan juga serangga selain bambu. Ketiga makanan ini adalah sumber protein yang sangat diperlukan panda agar tetap memiliki tubuh yang kuat untuk mampu bergelantungan di bambu dan pepohonan lainnya. Hampir sama seperti manusia, panda memiliki jari dan cakar yang ganjil, dengan  lima jari untuk membantu hewan ini mencengkram dan menggenggam bambu. Tidak seperti beruang, panda tidaklah  memakan daging, namun panda memiliki gigi yang besar dan tajam. Karena itulah panda mampu mengunyah bambu yang keras. Namun walaupun giginya besar dan tajam, namun panda tidak terlalu agresif sehingga sangat jarang atau bahkan hampir tidak pernah untuk hewan ini menyerang manusia.

Habitat aslinya yakni hutan bambu yang saat ini semakin berkurang dan menyempit akibat penebangan pohon secara liar demi memperluas daerah industri di china membuat  membuat hewan ini kehilangan tempat tinggalnya. Dan berakibat fatal akan keberadaan jumlah populasi hewan ini. Populasinya yang semakin sedikit membuat hewan ini sangat dilindungi oleh seluruh negara di dunia. Dan tugas kita adalah agar tetap menjaga dan melestarikan keberadaan setiap satwa yang dilindungi ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode