Search
Generic filters
Exact matches only

Siapa Bilang Buah dan Sayur Tidak Enak?

0
8 months ago

Penyebaran wabah COVID19 yang begitu cepat membuat masyarakat harus waspada. Kondisi tersebut memaksa masyarakat untuk menjaga tubuh harus tetap sehat. Kondisi tubuh yang memiliki resiko terpapar virus sehingga menyebabkan rentan terhadap penyakit harus dihindari. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak rentan terhadap bakteri dan virus, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Pada umumnya makanan mencakup berbagai nutrisi dalam jumlah yang memadai. Buah dan sayur menempati urutan pertama dalam jenis makanan sehat karena nutrisi yang lengkap.

Akan tetapi, peminat buah dan sayur tergolong masih rendah dibandingkan makanan cepat saji dan makanan ringan yang banyak mengandung micin. Hal ini dikarenakan hasil olahan buah dan sayur masih belum variatif. Sebenarnya buah dan sayur bisa diubah menjadi makanan ringan yang kaya rasa dan tidak membosankan di lidah. Berikut adalah berbagai cara membuatnya.

  • Sayur Crispy

Sayur-mayur seperti buncis, jamur, brokoli, terong, dan bawang bombay bisa dibalur tepung kemudian digoreng. Untuk tepung jangan menggunakan tepung cepat saji yang sudah berbumbu. Sebaiknya bumbu dibuat sendiri dengan menghaluskan bawang putih, lada, dan beri sedikit garam.

  • Nugget Sayuran

Biasanya nugget terbuat dari daging yang digiling kali ini bisa ganti dengan tempe atau tahu yang dihaluskan kemudian dicampur dengan irisan wortel dan daun bawang beserta bumbu yang dibuat sendiri. Balur dengan tepung kemudian digoreng.

  • Keripik Sayuran

Bayam dan wortel bisa disulap menjadi makanan ringan yang tidak membosankan dan penuh rasa. Bayam bisa dibuat keripik dengan menggorengnya menggunakan adonan tepung berbumbu bawang putih, lada, dan garam. Sedangkan wortel cukup diiris tipis dan dioven, tidak perlu ditambah apapun karena pada dasarnya wortel memiliki rasa yang manis.

  • Salad Buah

Bagi sebagian orang yang tidak menyukai mengkonsumsi buah utuh, salad buah adalah solusinya. Salad buah bisa dibuat sendiri di rumah. Pertama potong buah menjadi dadu kemudian tambahkan yogurt dan parutan keju. Simpan di dalam kulkas selama kurang lebih enam jam.

  • Jus Buah

Jus buah juga merupakan alternatif lain bagi orang-orang yang tidak suka mengkonsumsi buah utuh. Tetapi perlu diingat karena pada dasarnya buah sudah memiliki kandungan glukosa sebaiknya penambahan gula untuk diminimalisir.

Mulailah mengkonsumsi makanan yang sehat serta seimbang demi menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terpapar virus dan rentan terhadap penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode