Search
Generic filters
Exact matches only

Sikap Remaja dalam Masyarakat

0
6 months ago

Masa remaja disebut pula sebagai masa penghubung atau masa peralihan antara masa anak-anak dengan masa dewasa. Saat ini dunia sudah memasuki perkembangan zaman, dimana  era ini disebut sebagai masa dimana teknologi berkembang dengan pesat dan menjadi sebuah gaya hidup bagi para generasi di dalamnya.  Perkembangan, canggihnya teknologi, dan tingkat persaingan juga semakin tinggi sehingga menuntut masyarakat terutama generasi muda untuk meningkatkan kualitas. Mengikuti perkembangan globalisasi dan teknologi menjadi tolak ukur kemajuan suatu negara. Masa depan bangsa sangatlah ditentukan oleh generasi muda bangsa ini. Pemuda memiliki peran yang penting untuk membangun kehidupan berbangsa dan bernegara. Baik dan buruknya suatu negara dapat dilihat dari kualitas para pemudanya, karena generasi ini adalah penerus dan pewaris bangsa dan negara.

Para remaja yang mempunyai pikiran pikiran muda seperti kreatif, inovatif dan matang sebagai contoh bagaimana remaja melakukan gotong royong di lingkungan rumah dan sekitarnya. Sikap  dan cara remaja menghadapi era globalisasi menurut psikologi yang dapat dilakukan.  Karena mempunyai pikiran dan jiwa muda seperti itu, maka remaja akan senantiasa mempunyai kemauan dan kemampuan. Remaja saat ini dituntut aktif dalam kegiatan-kegiatan masyarakat, sosialisasi dengan warga sekitar. Kehadiran pemuda sangat dinantikan untuk menyokong perubahan dan pembaruan bagi masyarakat dan negara. Remaja juga memerankan diri sebagai pendorong kepada semua baik orang tua atau seumuran bersama sama melaksanakan dan mensukseskan pembangunan.

Dalam kajian psikologi remaja mempunyai karakteristik selalu berpikir cepat dan menggebu gebu. Karena karakteristik itulah, pembaharuan sering muncul dari remaja. Karakteristik yang akhirnya melahirkan semangat inovasi juga berdampak pada pelaksanaan pembangunan. Sosialisasi menunjukan pada pergaulan remaja dalam hidupnya bahkan di tengah kalangan masyarakat. Menghargai adat istiadat dan berbagai macam budaya akan menjadi pengaruh yang baik dalam pembangunan yakni dengan mempertahankan dan meningkatkan budaya menjadi sesuatu yang lebih dihargai dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode