Search
Generic filters
Exact matches only

Smartphone Semakin Aman dengan Penguncian Sidik Jari

0
5 months ago

Sekarang ini, smartphone sudah pasti berisikan data pribadi pemiliknya. Untuk menjaga data pribadi dan data lainnya di perkenalkanlah teknologi untuk mengunci smartphone. Penguncian smartphone bisa dilakukan dengan menggunakan sandi, PIN, password, pola, dan yang mulai ramai digunakan adalah penguncian sidik jari atau fingerprint scanner.

Fingerprint merupakan suatu teknologi yang bekerja dengan menggunakan verifikasi sidik jari seseorang. Sebenarnya fingerprint sudah dikenal sejak lama. Dahulu, fingerprint scanner hanya digunakan untuk peralatan elektronik seperti kunci pengaman pintu dan absensi karyawan. Dan saat ini fingerprint scanner sudah semakin berkembang untuk mengamankan data di dalam smartphone.

Fingerprint scanner bekerja dengan cara merekam data sidik jari seseorang untuk pertama kalinya yang akan digunakan sebagai acuan. Data sidik jari tersebut akan tersimpan di dalam database. Kemudian setiap kali membutuhkan atau perlu mengakses data maka perlu dilakukan scanning ulang. Hasil scanning ulang tersebut akan dicocokkan dengan data sidik jari yang sudah tersimpan di database. jika hasilnya scanning sidik jari cocok dengan yang tersimpan di database, maka kita bisa mengakses data, dalam hal ini smartphone, tersebut. Sebaliknya, jika tidak cocok dengan data yang ada di database, maka akses akan tetap tertutup.

Saat ini banyak tipe smartphone yang sudah menggunakan fingerprint scanner sebagai pengamanan data. Pertama kali, kehadiran fingerprint terletak di bagian belakang smartphone. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, tombol fingerprint sudah tergabung dengan tombol home sehingga lebih memudahkan pengguna dalam mengakses smartphone.

Bahkan saat ini beberapa merk smartphone yang terkenal di Indonesia sudah mengembangkan inovasi lainnya yaitu dengan menyelipkan sensor fingerprint pada bagian bawah layar, sehingga memunculkan kesan teknologi yang lebih canggih dengan tampilan yang begitu premium. Fingerprint scanner juga menjadi salah satu bentuk keamanan saat kita bertransaksi menggunakan smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode