Search
Generic filters
Exact matches only

#Stayhome Malah Stres, Mari Dengarkan Musik dan Rasakan Manfaat Lainnya

0
6 months ago

Wabah COVID-19 membuat pemerintah harus memberlakukan physical distancing dan #stayhome sebagai bentuk untuk meminimalisir penyebaran wabah tersebut dan memutus mata rantai penyebarannya. Keterbatasan ruang gerak dan sosial ini dapat membuat seseorang menjadi jenuh, bosan, bahkan stres. Ada beberapa kegiatan yang dapat membuat orang terhindar dari hal-hal tersebut, salah satunya adalah dengan mendengarkan musik yang disukai. Mendengarkan musik yang disukai tidak hanya membuat seseorang menjadi terhibur, tetapi juga dapat mengubah suasana hati dan membuat seseorang menjadi lebih berkonsentrasi. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari mendengarkan musik yang terbukti secara ilmiah.

  • ¬†Memperbaiki suasana hati

Pada sebuah penelitian di Kanada pada tahun 2011 yang diterbitkan di Jurnal Nature Neuroscience menunjukkan bahwa mendengar musik favorit dapat membantu memperbaiki suasana hati yang buruk. Hal ini terjadi karena musik dapat memicu pelepasan hormon dopamin. Selain itu, menurut penelitian di Belanda  menemukan bahwa mendengarkan musik dapat mempengaruhi suasana hati saat mengemudi secara positif. Apabila frustasi karena lalu lintas macet, maka dianjurkan untuk mendengarkan musik untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik dan keamanan pun bisa terjaga.

Mendengarkan musik sambil berolahraga akan memberikan efek metronomik pada tubuh, sehingga memungkinkan seseorang untuk berolahraga lebih lama. Tempo dari musik yang didengarkan juga dapat mempengaruhi stamina seseorang. Ketika sedang berolahraga sebaiknya memilih musik dengan tempo yang agak cepat dan bersemangat sehingga kalori pun semakin banyak terbakar.

  • Meningkatkan produktivitas kerja

Beberapa jenis musik dapat membantu seseorang menjadi lebih fokus melakukan pekerjaannya. Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa musik dengan beat cepat dapat merangsang gelombang otak untuk beresonansi selaras dengan irama, sehingga otak menjadi lebih mudah untuk berkonsentrasi dan berpikir dengan tajam.

  • Membuat tidur lebih nyenyak

Mendengarkan musik dengan ritme lambat dan lembut dapat membuat tubuh menjadi rileks dan tenang, sehingga dapat membuat seseorang tertidur dengan nyenyak.

  • Membantu mengurangi stres

Musik terbukti dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan. Menurut Asosiasi Terapi Musik di Amerika, terapi musik dapat membantu untuk menenangkan sel dan menormalkan denyut jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode