Search
Generic filters
Exact matches only

#STAYHOME, Pola Tidur Malah Jadi Berantakan?

0
8 months ago

Merebaknya wabah COVID-19 yang terus meningkat dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Stres akan ketidakpastian kondisi dan perubahan rutinitas membuat sulit untuk bersantai dan beristirahat di malam hari. Dampak buruk yang ditimbulkan jika kualitas tidur seseorang buruk adalah kesehatan pun bisa terganggu. Oleh karena itu, pentingnya bagi seseorang harus tetap menjaga kualitas tidurnya agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas tidur dan dapat memperoleh malam yang lebih tenang.

1.Tetap konsisten pada waktu tidur dan bangun.

Menurut Prof. Greg Murray, University of Technology, Australia, menyarankan untuk tetap konsisten pada waktu tidur dan bangun sesuai dengan ritme biasanya. Jadi #stayhome dan work from home bukan menjadi sebuah alasan untuk mengubah ritme waktu tidur dan bangun. Banyak orang berpikir mungkin bisa tidur dan bangun sedikit lebih telat dari biasanya karena tidak pergi ke kantor, tapi pemikiran seperti itulah yang mengacaukan ritme tidur. Harus dipastikan betul bahwa waktu tidur dan bangunnya sama setiap harinya.

2.Hindari tidur siang.

Tidur siang sebaiknya dihindari karena akan membuat seseorang menjadi sulit tidur di malam harinya. Jika memang ingin tidur siang maka harus dibatasi hanya 30 menit saja.

3.Jangan melewatkan berjemur

Menurut Prof. Kevin Morgan, LoughBorough University, Inggris, apabila seseorang sering melewatkan berjemur maka orang itu tidak cukup menyerap sinar matahari dan hal ini dapat mempengaruhi pola tidur. Oleh karena itu berjemurlah setidaknya 15-20 menit di pagi hari.

4.Hindari cahaya terang di malam hari

Cahaya terang di malam hari harus dihindari karena dapat menekan produksi hormon melatonin yang membuat seseorang merasa mengantuk. Cahaya yang harus dihindari juga termasuk cahaya atau sinar biru yang berasal dari layar handphone dan komputer. Sebaiknya mencari kegiatan lain untuk bersantai di malam hari seperti mandi atau membaca buku.

5.Hindari kafein

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung kafein bisa memberikan dampak terhadap kualitas tidur seseorang karena membuat tubuh menjadi waspada dan terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode