Search
Generic filters
Exact matches only

Stres Bisa Memicu Dapat Memicu Kematian, Mari Melawannya

0
8 months ago

Mudah marah, gelisah, frustasi, kesepian, sulit tidur, sulit fokus, atau sering berpikiran negatif adalah ciri-ciri seseorang yang sedang mengalami stres. Stres merupakan hal normal yang pernah dialami oleh setiap orang. Meskipun begitu jangan sekali-kali menganggap remeh stress karena kondisi stres bisa berdampak negatif jika sering terjadi dan berkepanjangan.

Jika stres berkepanjang dan tidak segera diatasi bisa memicu terkena penyakit. Mengapa demikian? Karena kondisi stress akan memicu beberapa reaksi tubuh seperti pembuluh darah menyempit, tekanan darah meningkat, bernapas menjadi lebih cepat sehingga mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah. Jika seperti itu maka sistem kekebalan seseorang yang sedang stres juga akan menurun. Jika sistem kekebalan menurun maka tubuh akan sangat rentan terserang penyakit. Beberapa penyakit yang dapat menyerang jika mengalami stres berkepanjangan, seperti sakit kepala, diabetes, hipertensi, stroke, obesitas, asma, asam lambung, penyakit jantung, bahkan depresi. Bahkan seseorang yang depresi memiliki peluang yang lebih besar untuk mengambil jalan pintas seperti bunuh diri.

Oleh karena itu jangan biarkan stres menjadi berkepanjangan dan tidak segera ditanggulangi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola stres, yaitu sebagai berikut.

  • Tidak memendam perasaan.

Mengeluarkan unek-unek dan tidak memendam perasaan yang mengganggu bisa membuat perasaan menjadi lebih lega dan pikiran lebih ringan. Utarakan kepada orang-orang yang bisa dipercaya dan pendengar yang baik. Jika perlu dikonsultasikan ke psikolog.

  • ┬áBerolahraga.

Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, berolahraga juga bisa meredakan stres. Berolahraga tidak harus yang berat tetapi jalan-jalan mengitari kompleks perumahan atau di taman sudah cukup.

Hobi merupakan kegiatan yang disukai, maka dengan menjalani hobi bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Tetapi perlu diingat kegiatan tersebut harus positif agar tidak menimbulkan masalah baru.

  • Tidak memaksakan tubuh bekerja melebihi kapasitas.

Beristirahatlah sejenak untuk sekedar memejamkan mata atau berjalan-jalan jika anda sedang bekerja. Jika hari itu sudah pekerjaan melebihi waktu maka sebaiknya disudahi saja dan bisa dilanjutkan kembali keesokan harinya.

  • ┬áBermeditasi.

Meditasi dapat membantu seseorang untuk menenangkan pikiran. Olahraga yang mengajarkan cara bermeditasi adalah yoga.

Setiap orang mempunyai cara untuk melawan stres sendiri-sendiri. Pilihlah cara yang sesuai dengan diri sendiri dan lakukan hingga menjadi kebiasaan. Apabila stres datang maka akan alam bawah sadar akan otomatis mendorong untuk melakukan perlawanan yang positif sehingga stres akan hilang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode