Search
Generic filters
Exact matches only

Sudah Tahu Manfaat Menulis Jurnal Harian?

0
6 months ago

Kegiatan menulis jurnal atau buku harian merupakan kegiatan yang banyak digemari kaum perempuan. Kegiatan ini juga sering dilakukan oleh anak-anak dan remaja. Melalui rutinitas menulis kegiatan, rencana, jadwal, hingga curahan hati di dalam jurnal bukan hanya menimbulkan rasa senang.

Tetapi membantumu lebih mudah mengingat banyak hal. Menulis jurnal harian memberi banyak manfaat untuk kesehatan mental dan fisik diri kita, lho! Ini dia manfaat-manfaat baik yang bisa kamu dapatkan saat rutin menulis jurnal atau buku harian.

Menghindari Stress. Dalam ulasan intermountainhealthcare.org, kegiatan ini merupakan sebuah media dalam mengelola rasa stress yang tepat bagi sebagian besar orang. Rutin menyediakan waktu 15-20 menit setiap harinya untuk menulis jurnal dengan ekspresif akan meningkatkan fungsi liver dan menurunkan tekanan darah. Sehingga mempengaruhi kondisi mental yang membuatmu terhindar dari stress.

Tidak Mudah Sakit. Rutin menulis banyak hal dalam jurnal dapat juga meningkatkan daya tahan tubuh. Karena dari segi mental dan psikis yang sehat akan mempengaruhi kondisi fisik seseorang. Seperti mengurangi gejala asma dan peradangan sendi. Selain itu bisa juga membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Meningkatkan Daya Ingat. Kegiatan sejenis menulis, mencatat, dan membaca terbukti mampu meningkatkan daya ingat. Menulis jurnal dan buku harian menjaga ketajaman pikiran. Serta meningkatkan kerja otak untuk memahami beragam hal, juga meningkatkan kapasitas memori otak kita.

Membangun Rasa Percaya Diri. Dalam artikel yang dilansir dari cambridge.org, manfaat lainnya dari rutin menulis jurnal yang akan memengaruhi kehidupan ialah kamu akan lebih mengenal dirimu sendiri. Kamu pun akan lebih mudah menikmati waktu yang dimiliki. Membuatmu lebih mudah memahami perasaan dan emosi, sehingga membuatmu merasa lebih percaya diri.

Melatih Kemampuan Berinteraksi. Menulis secara ekspresif akan membangun skema yang lebih terstruktur, adaptif, serta meningkatkan kemampuan berinteraksi terhadap diri sendiri dan orang lain. Kamu akan lebih mudah berinteraksi dengan banyak orang. Termasuk untuk berhubungan dengan orang-orang baru di sekitarmu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode