Search
Generic filters
Exact matches only

Sudahkah BBM Kalian Sesuai ?

0
8 months ago

Seperti yang kita tahu bahwa bahan bakar adalah suatu materi apapun yang bisa diubah menjadi energi. Bahan bakar mengandung energi panas yang dapat dilepaskan serta dimanipulasi. Di Indonesia hanya tersedia 2 Perusahaan besar sebagai produsen Bahan Bakar Minyak atau yang sering dikenal dengan sebutan BBM , yakni Pertamina yang merupakan salah satu BUMN asal Indonesia dan Shell asal Amerika Serikat. Kedua perusahaan ini selalu bersaing untuk menciptakan BBM yang efisien dan ramah lingkungan.

Kita perlu tahu bahwa Pengaruh antara rasio kompresi mesin dengan BBM yang digunakan adalah semakin rendah kandungan nilai oktan maka akan semakin sulit terbakar karena titik bakar lebih tinggi dan mengakibatkan BBM lebih sulit untuk menguap. Akibat nilai oktan yang terlalu rendah pada BBM akan menyebabkan penumpukan kerak di ruang bakar. Selain menyebabkan ruang bakar yang kotor akibat bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna, penggunaan oktan yang lebih rendah dari yang direkomendasikan juga bisa membuat tenaga mesin jadi berkurang akibat banyak endapan karbon Meskipun demikian, tak semua pemilik kendaraan memperhatikan hal ini. Bahkan ada yang sudah mengetahuinya, namun sengaja tak mengisi bahan bakarnya sesuai rekomendasi nilai oktan minimum. Jika pengisian bahan bakar dilakukan tak sesuai standar minimum, maka akan berdampak pada kerusakan mesin secara perlahan.

Yuk kenali nilai oktan dan harga per liter dari masing-masing BBM yang ada di Indonesia. Untuk produksi dari Pertamina terdapat Premium (Oktan 88-Rp 6550;), Pertalite (Oktan 90-Rp 7.800;), Pertamax (Oktan 92 – Rp 9.200;), Pertamax Turbo (Oktan 98-Rp 9.900;). Sedangkan untuk produksi dari Shell terdapat Shell Regular (Oktan 90-Rp 9.125;), Super (Oktan 92-Rp 9.125;), V-Power (Oktan 95-Rp 9.650;). Biasanya ketika kalian membeli mobil, terdapat petunjuk kriteria penggunaan jenis BBM yang cocok untuk pemakaian sesuai mesin mobil yang kalian beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Members
  • Active
  • New
  • Online
  • Groups
  • Active
  • Newest
1.
avatar
Yustisia Susandi
149206 points
Dark mode